Timnas U-14 runner up turnamen di Jepang

Jakarta (ANTARA News) - Timnas U-14 finis di posisi runner up turnamen "Japan-East Asean Football Exchange Programme U-14 Youth Football Festival 2012" setelah mampu mengumpulkan 11 poin dari lima pertandingan.

Kepastian posisi runner up bagi anak asuh Zainal Abidin ini setelah pada dua pertandingan terakhir di Sakai National Trainning Center, Osaka, Kamis, mampu mengalahkan Singapura, 1-0 dan bermain imbang 2-2 saat menghadapi Malaysia.

Pada tiga pertandingan sebelumnya, Timnas Garuda Muda ini mampu menahan tuan rumah Jepang di Sakai National Trainning Center, Osaka dengan skor 1-1 serta menang atas Filipina 2-0 dan menang atas Brunei Darussalam dengan skor telak 5-0.

Prestasi yang diraih Ricardo Waliwalang ini memang pantas dibanggakan. Betapa tidak. Meski minim jam terbang pertandingan internasional, Timnas U-14 mampu merepotkan semua peserta termasuk tuan rumah Jepang.

Meski finis lebih baik dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya, pelatih Zainal Abidin sedikit kecewa dengan pola permainan yang diperagakan tim Malaysia dipertandingan terakhir dengan skor imbang 2-2.

"Saya kecewa dengan strategi yang diterapkan pelatih Malaysia. Mereka melakukan permainan keras dan cenderung kasar serta melakukan tendangan langsung kearah gawang. Ini jelas merusak filosofi pembinaan usia muda," katanya.

Menurut dia, pertandingan melawan Malaysia akan dijadikan pembelajaran bagi dirinya karena permainan yang diperagakan dinilai kurang tepat jika diterapkan pada pembinaan pemain muda.

Timnas U-14 saat menghadapi Malaysia sebenarnya telah unggul 2-0 di babak pertama melalui Ricardo Waliwalang pada menit 18 dan menit 23. Hanya saja, di babak kedua Timnas Garuda Muda ini terus mendapatkan tekanan dan lawan mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Dipertandingan pertama, Kamis, Kevin Siegers dan kawan-kawan mampu mengalahkan Singapura dengan skor tipis 1-0. Gol kemenangan Timnas Garuda Muda itu dicetak oleh Ricardo Waliwalang pada menit 20.

Pada turnamen di Jepang ini, pemain asal Wamena Papua, Ricardo Waliwalang bisa dikatakan sebagai pemain potensial. Betapa tidak. Pemain dengan nomor punggung 11 ini mampu menciptakan tujuh gol dari lima pertandingan.

Berikut klasemen akhir Japan-East Asean Football Exchange Programme U-14 Youth Football Festival 2012 (main, menang, seri, kalah, poin) :

1. Jepang 5 4 1 0 13
2. Indonesia 5 3 2 0 11
3. Filipina 5 2 1 2 7
4. Malaysia 5 1 2 2 5
5. Singapura 5 1 2 2 5
6. Brunei 5 0 0 5 0

(ANT)