Jika FINA tidak beri surat balasan, Siman berangkat

Jakarta (ANTARA News) - Pelatih timnas renang Indonesia, Albert C Sutanto, mengatakan pihaknya masih menunggu surat balasan dari Federasi Renang Internasional (FINA) untuk kepastian atlet yang akan disahkan tampil di Olimpiade London 2012.

Sebelumnya, FINA telah mengeluarkan surat resmi pada Rabu (20/6) lalu dengan hanya memberi pengesahan untuk Siman yang tampil di Olimpiade nanti karena Indonesia hanya diberi jatah satu atlet.

"Sementara ini masih satu atlet yang sudah ditentukan dan hanya Siman yang terpilih. Kalau masalah kepastian, memang masih ada sedikit kesalahan dari FINA bukan dari kami," kata Albert kepada ANTARA News, Selasa.

Ia menambahkan, "kami sudah mengklarifikasi ke FINA namun sampai saat ini statusnya masih Siman karena belum ada balasan dan tanggapan dari FINA."

Sebelumnya, ada empat perenang Indonesia yang menembus limit waktu B Olimpiade yakni Glenn Victor (100 meter gaya kupu) dan Triadi Fauzi (200 meter gaya kupu) melalui kejuaraan renang di Singapura 2011.

Sedangkan I Gede Siman Sudartawa (100 meter dan 200 meter gaya punggung) dan Indra Gunawan (100 meter gaya dada) melalui SEA Games 2011.

Pada Olimpiade London 2012, kuota perenang yang tampil dibatasi sebanyak 500 atlet. Hal itu jauh berbeda dengan Olimpiade di Beijing, China 2008 yang berjumlah kuota 1500 atlet.

"Seandainya tidak ada surat balasan dan tanggapan dari FINA, berarti Siman yang dipastikan berangkat," kata mantan perenang andalan Indonesia itu.

Siman sendiri berhasil meningkatkan kecepatan waktunya dari 55.9 detik menjadi 55.31 detik pada kejuaraan renang di Singapura 2012 lalu.

Siman memiliki peluang masuk 16 besar di Olimpiade London jika mampu meningkatkan kecepatan waktu miliknya.

"Target di Olimpiade nanti kalau bisa waktunya menjadi 54.6 detik agar bisa masuk 16 besar," ujar Siman mengenai target jika ia dipastikan berangkat ke Olimpiade.

(M047)