Indonesia bawa tiga isu ke KTT APEC

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan Indonesia akan membawa isu ketahanan pangan, konektivitas dan produksi ramah lingkungan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (Asia-Pacific Economic Cooperation/APEC) ke-12 di Bali bulan November 2013.

"Setidaknya tiga isu ini lebih konkret untuk dibawa dalam KTT APEC tahun depan," kata Gita usai mengikuti rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan APEC di Kantor Kementerian Perekonomian Jakarta, Kamis.

Gita mengatakan, ketahanan pangan menjadi salah satu yang krusial untuk terus dibicarakan pada APEC untuk mendorong komitmen global mendukung upaya peningkatan ketahanan pangan di semua negara.

Upaya terobosan dipandang perlu dilakukan karena upaya mengatasi kelaparan di sejumlah negara cenderung masih lambat karena dampak pemanasan global terhadap siklus tanam dan krisis ekonomi di sejumlah negara yang berdampak terhadap harga pangan dan produk-produk pertanian.

Pemerintah, lanjut dia, juga akan mendorong pembahasan pengelolaan produksi yang ramah lingkungan, termasuk diantaranya dalam produksi kendaraan.

Progam produksi kendaraan ramah lingkungan akan berdampak positif terhadap peningkatan perdagangan dan menjadi salah satu upaya menurunkan emisi karbon hingga lebih dari 20 persen, tambah dia.

Rapat yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Perkonomian Hatta Rajasa tersebut juga dihadiri Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan, Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung, dan perwakilan pejabat kementerian terkait lain.

(R017)