Warga Jakarta bisa lihat model monorel

Jakarta (ANTARA News) - Ada yang cukup beda pada peringatan ulang tahun Jakarta kali ini. PT Jakarta Monorail beserta investor Ortus Holdings Limited akan menggelar pameran monorel di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada 22 Juni-14 Juli 2013.

"Pameran monorel ini terbuka untuk umum dan gratis. Jadi, warga bisa datang ke Monas dan melihat monorel ini secara langsung tanpa dipungut biaya," kata Direktur Pengembangan Bisnis Ortus Holdings Limited, Banyu Djarot, di Jakarta, Rabu.

Rencananya, menurut Djarot, pameran monorel tersebut akan dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, pada pukul 16.00 WIB, Sabtu (22/6) nanti, di Monas.

"Pameran ini diadakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-486 Kota Jakarta, sekaligus juga memberi kesempatan warga untuk melihat, mengetahui dan mengenal proyek monorel secara baik," ujar Djarot.

Pameran didukung tiga perusahaan, yaitu ST Electronics, China CNR Corporation Limited serta Indosat. Lokomotif dan gerbong monorel itu buatan China.

ST Electronics adalah perusahaan asal Singapura yang bergerak dalam bidang manajemen lalu lintas dan solusi tatakelola berbasis elektronika. 

China CNR Corporation Limited bergerak dalam bidang manufaktur jalur kereta, sedangkan Indosat salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar Tanah Air. "Ketiganya sudah terbukti ahli dalam bidangnya masing-masing," kata dia.

Dengan menggelar pameran monorel itu, warga dapat menyimak dan mengetahui seluk-beluk berbagai hal tentang monorel, yang diharapkan dapat mengurangi secara signifikan kemacetan lalu-lintas Jakarta.

Terlebih dari itu, diharapkan juga masyarakat dapat turut memelihara kelangsungan operasionalisasi sistem angkutan massal ini. Tanpa sikap disiplin dan patuh pada peraturan bagi masyarakat pengguna dan operator, mustahil monorel ini dapat langgeng beroperasi.

(R027)