Peran Penyuluh Penting Cegah Kebakaran Hutan

     PUSHUMAS. Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyatakan pentingnya peran penyuluh kehutanan salah satunya untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan. Namun, jumlah penyuluh kehutanan masih minim lantaran kurangnya anggaran pemerintah.

     Menurut Menhut Zulkifli Hasan, pembangunan kehutanan yang berkelanjutan sangat membutuhkan SDM Penyuluh Kehutanan sebagai agen pembahuruan yang kompeten dan professional.  Penyuluh kehutanan bertugas meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta mengubah sikap dan perilaku masyarakat agar mau dan mampu mendukung pembangunan kehutanan serta sadar akan pentingnya sumberdaya hutan bagi kehidupan manusia. Peranan penyuluh kehutanan menjadi sangat penting dan strategis sebagai mediator, inovator, motivator maupun transformator yang akan merajut akar permasalahan yang terjadi di masyarakat.

     Menhut menuturkan, peran penyuluh penting dalam mengantisipasi dan menanggulangi berbagai masalah kehutanan yang berkaitan langsung dengan masyarakat. "Contohnya, penyuluh mempunyai peran besar dalam memberikan penyadaran kepada masyarakat khususnya di sekitar hutan untuk dapat mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan," tutur Zulkifli dalam acara Pembinaan Penyuluh Kehutanan Provinsi Lampung dan Penyuluh Kehutanan Lingkup UPT Ditjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) 2013, Selasa (2/7), di Lampung.

     Mengenai pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan khususnya di wilayah rawan kebakaran di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi, Zulkifli mengimbau para penyuluh kehutanan untuk lebih insentif melakukan penyuluhan dengan pihak-pihak terkait. Pasalnya, sebagian masyarakat saat ini masih memiliki kebiasaan membakar untuk membuka lahan pertanian maupun perkebunan. "Ini merupakan kebiasaan yang buruk dan berdampak negatif baik bagi kesehatan maupun bagi ekosistem. Kita harus memberikan kesadaran kepada mereka agar tidak lagi membakar lahan dan mencari cara-cara alternatif yang aman dan tidak merusak ekosistem," ujarnya.

     Zulkifli sempat menyinggung soal kebakaran lahan dan hutan di Riau. Menurut Zulkifli, perusahaan-perusahaan perkebunan yang wilayahnya terbakar juga bakal diselidiki untuk mengetahui apakah ada unsur kesengajaan atas kebakaran tersebut atau wilayah perkebunan mereka hanya terkena dampak.

     Buka Pendidikan
     Sebelumnya dalam kunjungan kerja ke Provinsi Lampung, Menhut Zulkifli Hasan sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Insani Cendekia Indonesia (YPICI) menghadiri pembukaan pendidikan SMA Kebangsaan Lampung Selatan Angkatan I Tahun Ajaran 2013/2014 di Kampus Universitas Dharma Jaya, Bandar Lampung
     
     Pada kesempatan tersebut, Menhut Zulkifli Hasan memberikan secara simbolis buku paket siswa kepada 2 (dua) orang siswa masing-masing kepada Ade Nurcholis D. dan Rafid Zaidan Diarta sebagai tanda dimulainya pendidikan di SMA Kebangsaan Lampung Selatan. Pada tahun ajaran 2013/2014 ini SMA Kebangsaan menerima 60 yang semua biayanya gratis selama 3 tahun.