JORR Cakung Utara-KBN Cakung Segera Beroperasi

Jakarta (ANTARA News) - Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) E3 (Cakung-KBN Cakung), yang merupakan bagian dari Ruas Cakung-Cilincing sudah siap dioperasikan untuk umum.

Jalan tol sepanjang 3,65 km ini terdiri dari dua jalur dan masing-masing jalur memiliki 3 lajur selebar masing-masing 3,6 meter.

Menurut Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga, Okke Merlina di Jakarta, Minggu, Tim Kelayakan yang berunsurkan Departemen Pekerjaan Umum dan Departemen Perhubungan saat ini tengah melakukan pemeriksaan terhadap kesiapan pengoperasian ruas tersebut.

Selanjutnya Menteri PU akan menetapkan tarif tol setelah Tim tersebut merekomendasikan kelayakannya.

Apabila jalan tol ini sudah dioperasikan, pengguna jalan tol dari arah Tol Jakarta-Cikampek, Bintara dan Cakung Selatan yang akan keluar di KBN Cakung akan melakukan transaksi di Gerbang Tol Cakung Utara. Gerbang ini nantinya akan melayani dua tujuan, yaitu ke arah Cakung Utara dan KBN Cakung.

Sedang pemakai jalan dari arah Tanjung Priok, Cilincing, dan KBN Cakung yang akan ke arah Cakung Selatan, Bintara dan Tol Jakarta-Cikampek, mengambil tiket masuk di GT Rorotan, yang telah menyediakan dua gardu tol, dan keluar di gerbang tujuan.

Jalan Tol yang menelan biaya pembangunan lebih dari Rp221 miliar ini merupakan kelanjutan dari Proyek JORR Ruas Cikunir-Cakung Utara yang sudah dioperasikan sebelumnya.

JORR E3 ini bisa dijadikan alternatif bagi pemakai jalan tol, khususnya kendaraan-kendaraan besar, yang akan menuju Tanjung Priok.

Bila sebelumnya melewati Jalan Tol Wiyoto Wiyono (Tol Dalam Kota Jakarta), sekarang bisa melewati ruas ini. Dengan demikian, kepadatan di Tol Dalam Kota bisa berkurang.

Sedang Ruas JORR yang saat ini sedang dalam tahap konstruksi adalah Ruas E1 Seksi 4 (Jatiasih-Cikunir, 4 km).

Diharapkan pada Maret 2007 ruas ini sudah bisa dioperasikan, apabila pembebasan lahan sudah dapat diselesaikan pada Januari 2007.

Apabila Ruas Jatiasih-Cikunir yang rencananya akan dioperasikan pada Maret 2007, maka Ruas E3 ini bisa langsung terhubung dengan Jalan Tol Jagorawi, Pondok Indah dan Serpong.

Sehingga masyarakat di sekitar Serpong, Bintaro, Pondok Indah, Bogor yang akan ke arah Tanjung Priok/Cilincing atau Bekasi, Karawang, Cikampek dan Bandung tak perlu lagi keluar di Cawang (UKI). Sehingga kepadatan lalu lintas di UKI bisa berkurang.(*)