Tiket KA Jurusan Jakarta Habis Hingga H+7

Malang (ANTARA News) - Tiket Kereta Api (KA) Gajayana dari Malang yang melayani arus balik Lebaran 2007 tujuan Jakarta telah habis terjual hingga H+7 mendatang.

Pembelian tiket KA Gajayana dilakukan dengan dua cara yaitu pembelian tiket secara online maupun secara manual atau datang langsung pada tempat penjualan tiket KA di stasiun Kota Baru Malang.

Salah seorang petugas stasiun Kota Baru Malang, Tommy AS, Minggu mengatakan, tiket KA Gajayana jurusan Malang-Jakarta telah habis sejak beberapa hari yang lalu. Dengan demikian tiket KA kelas bisnis dan eksekutif ini telah habis hingga tanggal 21 Oktober 2007 mendatang.

"Masyarakat yang ingin menggunakan KA pada arus balik terutama jurusan Jakarta cukup tinggi. Banyak penumpang yang jauh-jauh hari memesan tiket," katanya.

Menurut dia, hingga saat ini pihak stasiun Kota Baru Malang tetap melayani pembelian tiket untuk tujuan Jakarta, termasuk penjualan tiket KA kelas ekonomi yang melayani jurusan Jakarta yaitu kereta Mataremaja.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk pembelian tiket kelas ekonomi tidak menggunakan sistem pemesanan. Dengan demikian seluruh penumpang yang akan membeli tiket KA ekonomi jurusan Jakarta harus rela antri sebelum kereta diberangkatkan.

"Untuk KA ekonomi Mataremaja akan berangkat ke Jakarta pada pukul 13.10 WIB. Untuk KA Gajayana akan berangkat pada pukul 15.30 WIB," katanya menjelaskan.

Sementara itu memasuki hari kedua perayaan Idul Fitri 1428 H, penumpang yang menggunakan jasa kereta api didominasi oleh penumpang jurusan jarak dekat seperti Blitar, Tulung Agung. Kediri dan Jombang serta jurusan Surabaya.

"Pada pemberangkatan jam 06.00 WIB untuk jurusan Blitar penumpang sepi. Namun pada pemberangkatan kedua pada pukul 08.00 WIb jumlah penumpang membengkak sehingga harus menambah gerbong tambahan," katanya menerangkan.

KA yang melayani jurusan jarak pendek tersebut adalah KA Penataran dengan membawa lima gerbong saja. Namun walau telah ada penambahan gerbong masih banyak penumpang yang telah membeli tiket tidak terangkut dan dialihkan pada kereta yang berangkat pada pukul 10.45 WIB.

Jumlah penumpang yang telah diberangkatkan dari stasiun Kota Baru Malang hingga siang ini mencapai lebih dari 2.000 penumpang. (*)