Tekanan Darah Sulit Dikendalikan pada Musim Dingin

Orlando, Fla (ANTARA News) - Bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi, cuaca atau kondisi lingkungan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kita, salah satunya adalah tekanan darah yang sulit untuk dikendalikan pada musim dingin, demikian dikatakan oleh sekelompok peneliti.

Kaum veteran yang ditangani kesehatannya pada musim dingin tekanannya jarang yang mencapai ke tingkat normal dibandingkan dengan yang ditangani kesehatannya di musim panas, demikian dikatakan oleh para peneliti dipertemuan tahunan Perhimpunan Dokter Ahli Penyakit Jantung Amerika (Serikat) baru-baru ini.

Hasil penelitian selam lima tahun yang bmemusatkan perhatian kepada tekanan darah sebanyak 443.632 anggota veteran AS yang menderita hypertensi atau tekanan darah tinggi di 15 kota termasuk daerah yang jauh diutara, Alaska, San Juan di Puerto Rico.

Di setiap tempat para peneliti menemukan hanya sedikit veteran tanpa melihat etniknya atau jenis kelaminnya didapati tekanan darahnya pada tingkat normal saat diperiksa di musim dingin dibandingkan pada musim panas.

"Kami melihat adanya variasi sesuai musim di kota-kota tersebut," kata Dr Ross Fletcher kepala staff kesehatan di Pusat Kesehatan Veteran AS di washington yang menjadi ketua tim peneliti.

Tekanan darah tinggi umumnya tak memperlihatkan gejala, namun dapat menjadi penyebab utama bagi sejumlah masalah kesehatan termasuk stroke, gagal jantung, serangan jantung dan gagal ginjal.

Masalah tekanan darah tinggi dapat ditangani dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan.

Hanya kurang dari delapan persen pasien hypertensiu memiliki tekanan darah normal pada saat pemeriksaan di musim dingin dibandingkan dengan pemeriksaan pada musim panas.

Sekitar 60 persen dari pasien memperlihatkan perubahan tekanan darah pada musim dingin," kata Fletcher menambahkan.

Fletcher mengatakan para peneliti tidak menjelaskan apa penyebab hal kondisi tersebut namun hal itu tidak terjadi karena faktor perubahan temperatur yang terjadi di musim dingin atau berdasarkan pada posisi kota-kota tersebut (pada bujur atau lintang berapa).

Menurut Fletcher kondisi tersebut kemungkinan diakibatkan oleh kenaikan berat badan , dan perubahan kebiasaan makan dan berkurangnya kegiatan fisik selama musim dingin.

Ia mengatakan data-data menunjukkan para veyteran bertambah berat badannya selama musim dingin, dan kenaikan berat badan dapat menjadi penyebab tekanan darah tinggi.

"Pada pendapat saya tekanan darah tinggi tidak menjadi penyebab kenaikan berat badan tetapi justru sebaliknya, kenaikan berat badan menyebabkan kenaikan tekanan darah," kata Fletcher.

Ia mengatakan pada muism dingin orang cenderung makan makan yang asin-asin yang juga menikkan tekanan darah.

"Dari sejumlah data atas perubahan sesuai musim terhadap kasus serangan jantung dan strokes jumlahnya pun meningkat selama musim dingin," kata Dr Robert Bonow dari Northwestern University yang menjadi juru bicara Perastuan Dokter Jantung AS.

"Perlu kesadaran masyarakat luas bahwa kemungkinan tekanan darah mereka sulit terkendali di musim dingin, karena mereka perlu lebih berhati-hati pada saat musim itu," kata Fletcher dikutip Reuters.(*)