Menhut: Saya Tak Berseteru dengan Kapolri

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kehutanan MS Kaban menegaskan pihaknya tidak pernah berseteru dengan Kapolri terkait dengan operasi dan penanganan berbagai kasus pembalakan liar (illegal logging).

"Saya tidak pernah merasa adanya perseteruan dengan Kapolri. Selama ini, hubungan kami sebagai pembantu presiden biasa-biasa saja," kata Menhut di Jakarta, Sabtu.

Berbagai komentar miring yang muncul terkait dengan beda pandangan mengenai penanganan operasi pemberantasan pembalakan haram dan penegakan hukumnya, dinilai Menhut bukan persoalan personal.

Meski demikian, Kaban mengaku belum pernah bertemu dengan Kapolri sejak pemilik dan Manager Keuangan PT Keang Nam Development Indonesia (KNDI), Adelin Lis, yang diadili dengan tuduhan melakukan pembalakan liar, divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Medan, Senin (5/11).

Apalagi, katanya, upaya memberantas pembalakan haram dan perdagangan ilegal merupakan salah satu prioritas kegiatan pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sehingga kemudian pemerintah mengeluarkan Inpres No.14 tahun 2005 tentang pemberantasan penebangan kayu secara ilegal di kawasan hutan dan peredarannya di seluruh Indonesia.(*)