Kementerian BUMN Targetkan Pegadaian Jadi PT Dua Bulan Lagi

Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Negara BUMN masih terus mengkaji rencana pergantian badan hukum Pegadaian dari perusahaan umum menjadi Perseroan Terbatas (PT) dan perubahan status itu ditargetkan selesai sebelum Desember 2007.

"Rencana pergantian badan hukum Perum Pegadaian masih sedang dibahas di tingkat Kementerian BUMN," kata Pjs. Deputi Bidang Usaha Perbankan dan Jasa Keuangan, Parikesit Suprapto, di Jakarta, Senin.

Sebelumnya, telah dilakukan kajian di tingkat manajemen yang dilanjutkan dengan kajian di tingkat deputi yang dipimpinnya.

Hasil kajian kemudian diserahkan dan dibahas bersama di tingkat Kementerian seperti yang saat ini tengah dilakukan.

"Pembahasan awal dari tingkat Kementerian kemudian diajukan pada Menteri Hukum dan HAM setelah itu Pegadaian sudah menjadi PT," katanya.

Proses tersebut tengah diupayakan rampung sebelum tutup tahun 2007.

Menurut dia, pergantian status badan hukum Pegadaian tidak serumit BUMN asuransi lainnya yang harus terlebih dahulu dilaporkan ke Bapepam-LK atau BUMN perbankan yang harus dilaporkan ke BI.

Pihaknya juga masih mengkaji perihal sisi positif dan negatifnya perubahan status badan hukum untuk Pegadaian tersebut.

Parikesit mengatakan, hal terpenting menjadi PT bagi Pegadaian adalah agar lebih mudah untuk mencari sumber pendanaan sekaligus untuk melakukan penawaran saham perdana (IPO).

Sebelumnya, ia berpendapat bahwa perubahan status badan hukum bagi Pegadaian jangan sampai mengubah identitasnya sebagai lembaga keuangan masyarakat menengah ke bawah.

"Jangan sampai Pegadaian `meninggalkan` masyarakat menengah ke bawah yang selama ini dilayaninya," katanya.(*)