Presiden Saksikan Konser 70 Tahun Titiek Puspa

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama ibu Ani Yudhoyoono menyaksikan konser penyanyi legendaris Titiek Puspa bertajuk "Karya Abadi Sang Legenda: 70 tahun Titiek Puspa" di Gedung PRJ Kemayoran, Jakarta, Rabu malam.

Puluhan artis dan penyanyi turut memeriahkan konser yang diiringi Dian HP Orkestra.

Dalam konser tersebut diperdengarkan sedikitnya 36 lagu ciptaan Titiek Puspa yang dibawakan sejumlah penyanyi dari berbagai macam aliran, dari jazz dan hingga campursari.

Konser diawali lagu berjudul Gang Kelinci yang dibawakan penyanyi remaja Gita Gutawa, dilanjutkan Titi DJ yang membawakan lagu Si Hitam dan Krisdayanti dengan Marilah Kemari.

Kemudian sekitar 16 lagu karya Titiek Puspa dinyanyikan oleh sederet artis seperti Tia AFI, Melly Goeslaw, Pingkan Mambo, Project Pop, Grup Vokal Warna, Rio Febrian, Sundari Sukotjo, Inul Daratista dan Elvi Sukaesih.

Setelah lagu Apanya Dong dinyanyikan Euis Darliah, barulah Titiek Puspa muncul dengan membawakan lagu Candra Buwana ciptaan Ismail Marzuki.

Setelah itu lagi Bubuy Bulan dan lagu Terimakasih Tuhan dilantukan oleh Sang Legenda Musik Pop Indonesia itu.

Dalam kesempatan tersebut, Titiek Puspa memberi hadiah kepada SBY sebuah cakram padat (CD) terbarunya dengan judul album Titiek Puspa Terimakasih Tuhan.

"Beliau (Presiden Yudhoyono) juga pencipta lagu. Saya bangga, Presiden pun ternyata seorang seniman," kata Titiek.

Kepada Presiden, Titiek Puspa juga sempat meminta agar di Indonesia didirikan sekolah seni budaya untuk lebih memperkenalkan budaya Indonesia di luar negeri.

Dia juga berharap di Jakarta ada gedung kesenian yang dapat digunakan para seniman mengekspresikan karya-karya seperti Opera House di Sydney, Australia.

Beberapa tokoh hadir dalampertunjukan itu, antara lain Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah, Meneg LH Rachmat Witoelar, Menbudpar Jero Wacik dan Mantan Ketua DPR Akbar Tanjung.

Titiek Puspa lahir di Tanjung, Kalimantan Selatan, pada 1 November 1937, dan menikah dengan Mus Mualim (alm) yang dikaruniai dua orang anak Petty dan Ella.

Ia mengawali kariernya sebagai penyanyi di ajang lomba antar SMP tahun 1953, kemudian mengikuti lomba pemilihan bintang radio tingkat nasional tahun 1954 dan sejak itulah karirnya meningkat.

Selain sebagai penyanyi, Titiek Puspa juga dikenal sebagai pencipta lagu yang menghasilkan ratusan lagu seperti Gang Kelinci, Si Hitam, Minah Gadis Dusun, Bimbi, Virus Cinta dan Kupu-kupu Malam.
(*)