Jemaah Kloter Pertama Jabar Bertolak ke Asrama Haji Bekasi

Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 450 jemaah calon haji kloter pertama Jawa Barat, Jumat pukul 11.00 WIB diberangkatkan menuju Asrama Haji Bekasi, dua jam lebih awal dari jadwal semula pukul 13.00 WIB.

Mereka dilepas dari halaman Mapolda Jabar oleh Kepala Departemen Agama Kota Bandung KH Cecep Alamsyah.

Rombongan pertama jemaah haji Jabar itu diangkut dengan menggunakan 10 unit bus dan satu bus cadangan dan dilepas oleh ribuan pengantar yang sejak pagi bergerombol di depan Mapolda Jabar Jalan Soekarno Hatta.

Mereka dilepas dengan lambaian tangan oleh para pejabat Kantor Depag Kota Bandung, Polda Jabar serta ribuan keluarga para jamaah.

Beberapa diantaranya tidak kuasa menahan tangis saat iring-iringan bus yang membawa rombongan jamaah haji satu per satu keluar dari Mapolda Jabar dan bergerak menuju Bekasi.

"Kloter pertama Jabar itu menginap semalam di Pondok Haji Bekasi, dan bertolak ke tanah suci pada Sabtu (17/11) besok dari Bandara Soekarno Hatta," kata Cecep Alamsyah.

Kloter pertama calon haji Jabar itu merupakan kloter gabungan yakni dari Kota Bandung 407 orang, Kabupaten Bandung 19 orang, Kota Cimahi 15 orang, Kabupaten Garut dua orang, Kabupaten Tasikmalaya dan Karawang masing-masing lima orang.

Para jemaah haji yang berangkat ke tanah suci pada pada kesempatan pertama itu berasal dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al-Hijaz, KBIH Masjid Raya Bandung, KBIH Nurul Huda, KBIH Yambany, KBIH Sabilul Mutakin, KBIH Bakah, Al Abror serta puluhan jamaah haji mandiri non KBIH.

Kloter pertama calon haji Jawa Barat itu didampingi Tim Petugas Haji Indonesia (TPHI) Syamsul Huda, seorang koordinator KBIH, seorang dokter serta dua orang paramedis dari Dinkes Jawa Barat.

"Selama di tanah suci, jaga sikap dan ikuti aturan yang ada. Jaga hal-hal yang bisa merepotkan diri sendiri maupun orang lain, termasuk utamakan keselamatan diri," kata Cece Alamsyah.

Sementara itu jumlah calon haji asal Jawa Barat pada musim haji tahun ini sebanyak 36.934 orang plus 418 petugas haji yang tersebar di 26 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

Pemberangkatan jemaah haji asal Jabar dilakukan 17 November hingga 13 Desember 2007 yang terdiri dari 97 kloter.(*)