Indonesia Juara Umum Pekan SD se-ASEAN

Jakarta (ANTARA News) - Tuan rumah Indonesia tampil sebagai juara umum Pekan Olahraga Tingkat Sekolah Dasar se-ASEAN (ASEAN Primary School Sport Olympiad/APSSO) 2007 yang berakhir di Jakarta, kemarin.

Di event olahraga yang khusus untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan untuk pertama kalinya digelar oleh Departemen Pendidikan Nasional itu, Indonesia berhasil meraih enam emas, lima perak dan empat perunggu.

Vietnam menempel ketat di urutan kedua dengan perolehan lima emas, dua perak dan dua perunggu.

Event yang berlangsung sejak 10 November dan diikuti delapan negara itu mempertandingkan empat cabang olahraga, yaitu sepak bola, atletik, catur, dan bridge.

Dari enam emas yang diraih Indonesia, tiga diantaranya berasal dari cabang catur yang dimotori Masruri Rahman dan Medina Warda Aulia.

Sementara tiga emas lainnya berasal dari sepakbola, atletik dan bridge.

Ketua Yayasan Porgaki Yusuf Rizal yang menjadi mitra Depdiknas dalam penyelenggaraan event itu mengatakan bahwa dalam council meeting yang diadakan Kamis, seluruh delegasi negara peserta menyatakan setuju untuk meningkatkan APSSO ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu tingkat departemen, tidak lagi tingkat direktorat jendral.

"Event ini diharapkan bisa ditingkatkan ke tingkat departemen dari sebelumnya tingkat Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah agar diperoleh pendanaan yang lebih kuat," katanya.

Menurut Yusuf Rizal, pada APSSO 2008 mendatang, negara peserta juga setuju untuk memasukkan cabang bulutangkis, renang dan silat, serta menghapus cabang bridge.

Berikut perolehan medali:
1. Indonesia 6 5 4
2. Vietnam 5 2 2
3. Singapura - 3 1
4. Filipina - 1 -
5. Malaysia - - 4
6. Brunei - - -
7. Myanmar - - -
8. Thailand - - -.(*)