Korban Meninggal Banjir dan Longsor Capai 102 Orang

Jakarta (ANTARA News) - Pusat Pengendalian Krisis (PPK) Departemen Kesehatan, menyatakan, sampai sekarang jumlah korban meninggal akibat musibah banjir dan longsor di Jawa Tengah dan Jawa Timur, sebanyak 102 orang dan 21 orang hilang.

Ke-102 korban meninggal dan 21 orang hilang, yakni, di Jawa Tengah sebanyak 78 orang meninggal dan orang 12 hilang, serta di Jawa Timur 24 orang meninggal dan sembilan orang hilang.

Kepala PPK Departemen Kesehatan, Rustam S Pakaya, melalui keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA News, Selasa, mengatakan, secara keseluruhan sampai saat ini jumlah korban meninggal di dua provinsi itu sebanyak 102 orang.

"PPK Depkes sendiri telah mengirimkan sejumlah bantuan untuk korban musibah bencana alam banjir dan longsor itu," katanya.

Bantuan Departemen Kesehatan ke Jawa Tengah, berupa, empat unit perahu karet, makanan pengganti ASI atau biskuit sebanyak 20 ton, makanan siap saji 15 ton, dana operasional sebesar Rp200 juta, dan mengirimkan enam staf bantu PPK regional Semarang.

Bantuan ke Jawa Timur berupa, tiga unit perahu karet, 10 ton biskuit, dana operasional 250 juta, dan tiga staf bantu PPK regional Surabaya.

Sementara itu, Sedikitnya sudah ada 23 warga di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur tewas akibat banjir luapan Bengawan Solo yang melanda kawasan tersebut, sejak beberapa hari lalu.

Korban tewas akibat banjir berasal dari kecamatan Ngawi sebanyak empat orang, Kecamatan Kwadungan 10 orang, Kecamatan Geneng tiga orang, Kecamatan Padas satu orang dan Kecamatan Pitu satu orang. Sedangkan korban tewas akibat longsor berada di Kecamatan Sine sebanyak empat orang.

Koordinator Satuan Koordinasi dan Pelaksana (Satkorlak) Penanggulangan Bencana Alam (PBA) Kabupaten Ngawi, Muhammad Sodik Tri, Selasa, di Ngawi, mengemukakan, kebanyakan korban yang meninggal rata-rata adalah warga yang telah berusia lanjut.

"Selain meninggal karena sakit, para korban tersebut meninggal akibat terjebak banjir yang menggenangi rumahnya," katanya mengungkapkan.(*)