Polisi Periksa Kasus Tuduhan Penghinaan Agama oleh Majalah Tempo

Jakarta (ANTARA News) - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Selasa, mendengar keterangan saksi pelapor dalam kasus dugaan penghinaan agama yang dilakukan oleh majalah Tempo.

Saksi pelapor, Marcelinus Simarmata dari Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Kristen (AMPK) didengar keterangannya di Polda Metro Jaya sejak pukul 14.00 WIB hingga 18.30 WIB.

"Saya tadi di-BAP (berita acara pemeriksaan) di Unit II Satuan Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya," katanya.

Ia mengatakan, pada kesempatan tersebut penyidik menanyakan seputar sampul depan majalah Tempo edisi 4 Pebruari 2008 yang dinilai oleh pelapor sebagai penghinaan terhadap agama Kresten.

Pada edisi itu, sampul majalah Tempo menampilkan gambar mantan Presiden Soeharto bersama anak-anaknya dalam komposisi mirip lukisan "The Last Supper" karya Leonardo da Vinci yang menggambarkan perjamuan kudus Yesus Kristus dengan murid-muridnya.

Menurut AMPK, sampul majalah itu telah menghina agama sehingga kasus ini dilaporkan ke Polda Metro Jaya, pekan lalu dengan tuduhan pelanggaran hukum sesuai pasal 156 KUHP tentang penistaan agama.(*)