Tekanan dunia terhadap komunitas pertembakauan ini luar biasa beratnya sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat pertembakauan untuk tidak bersatu padu menghadapi masalah ini bersama-sama.
Temanggung (ANTARA) - Masyarakat pertembakauan  sedang menghadapi masalah berat karena diserang oleh berbagai kampanye antitembakau, kata Bupati Temanggung M. Al Khadziq.

"Baik yang datang dari badan dunia WHO, serangan dari rezim kesehatan, pembatasan tembakau rokok dan iklan rokok, bahkan adegan merokok di sinetron juga harus dikaburkan," katanya di Temanggung, Jawa Tengah, Kamis.

Ia menuturkan tekanan dunia terhadap komunitas pertembakauan ini luar biasa beratnya sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat pertembakauan untuk tidak bersatu padu menghadapi masalah ini bersama-sama.

Menurut dia, ketika tekanan dari dunia begitu kuat, kalau industri harus menghadapinya sendirian pasti tidak akan kuat, demikian pula sebaliknya petani menghadapi sendiri juga tidak akan kuat.

"Oleh karena itu kita butuh bersatu padu, bersama-sama semua pihak yang terlibat dalam dunia pertembakauan ini. Saya berharap antara petani, pedagang, grader dan industri bisa bersama-sama menghadapi tekanan terhadap dunia pertembakauan ini," katanya.

Ia menyampaikan jika di antara unsur pertembakauan ada masalah,  seyogyanya bisa diselesaikan secara bermusyawarah, petani juga harus mengerti dunia industri, sebaliknya dunia industri juga harus mengerti kesulitan yang dihadapi oleh petani.

Baca juga: Petani Ngawi beralih tanam palawija dan tembakau

Ia menyebutkan salah satu masalah yang dihadapi petani tembakau di Kabupaten Temanggung dalam beberapa tahun terakhir ini adalah tidak bisa menikmati hasil pertanian tembakau secara maksimal.

"Harganya kurang begitu menggembirakan sehingga menjadi agenda kita semua untuk memikirkan bagaimana nasib petani ini di masa depan, sebab jika nasib petani ini tidak dipikirkan dan akhirnya petani tidak menanam tembakau maka akan jadi pukulan pada dunia industri karena bahan baku akan kesulitan," katanya.

Ia mengatakan menyaksikan sendiri para petani tembakau menanam tembakau berbulan-bulan begitu susahnya, tetapi marginnya masih sangat minim.

Ia menuturkan sejak awal Pemkab Temanggung mengajak semua warga untuk kembali kepada kejayaan tembakau Temanggung seperti pada masa lalu.

"Kejayaan tembakau ini penting mengingat akhir-akhir ini bukan hanya masalah kesejahteraan petani, tetapi juga kualitas tembakau juga menurun karena banyak yang mencampur dengan tembakau dari luar daerah. Bagi Pemkab Temanggung kita punya kepentingan untuk mempertahankan kualitas tembakau Temanggung," katanya.

Ia meminta petani untuk konsisten menjaga kualitas tembakau Temanggung, pedagang dan industri juga konsisten untuk mengutamakan tembakau Temanggung.

"Marilah membangun dunia pertembakauan ini secara sportif, bersih, dan jujur. Sekarang mulailah menghindari pedagang-pedagang yang tidak jujur, pedagang yang membeli harga tinggi tetapi tidak dibayar atau dibayar hanya setengah. Mari kita hindari mencampur tembakau Temanggung dengan temabakau luar daerah," katanya.
Baca juga: Kemenperin dukung pengembangan sektor tembakau alternatif

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019