Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah pedagang kerajinan rotan di Jalan Pramuka, Kelurahan Utan Kayu, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, menilai implementasi rekayasa lalu lintas ganjil-genap akan berpotensi merugikan usaha.
 
"Sebab mayoritas konsumen kita pasti ngangkut belanjaannya pakai mobil, kecuali produk kecil, bisa pakai motor," kata pemilik kios Pramuka Rotan, Djamal (44) di Jakarta, Kamis.
 
Tidak kurang dari supuluh kios penjualan perabot rumah tangga berbahan baku rotan berjejer di pedestrian Jalan Pramuka, tepat di sebelah Underpass Pasar Pramuka.
 
Mereka umumnya memanfaatkan lahan di pinggir jalan sebagai tempat display produk yang dikirim dari Cirebon maupun Jepara.


​​​​Djamal mengatakan mayoritas konsumen berasal dari luar Jakarta, seperti Bekasi, Bogor, hingga Tangerang yang datang membawa mobil untuk mengangkut barang yang mereka beli di kios.
 
"Otomatis konsumen kita juga bisa berkurang karena imbas ganjil-genap nanti," katanya.
 
Dia berharap pemerintah kembali meninjau ulang kebijakan tersebut, mengingat di Jalan Pramuka banyak berdiri pertokoan dan kios pasar.
 
Pedagang rotan lainnya, Edi (58), mengaku tidak sanggup jika harus memfasilitasi konsumen dengan kendaraan pengantar barang.
 
"Konsumen saya biasanya bawa sendiri pakai mobil atau motor. Kalau kita sediakan mobil untuk kirim ke rumah bisa bikin harga tambah mahal," katanya.
 
Edi pernah mencoba melakukan pengiriman barang perabot rotan menuju kawasan Salemba yang berjarak sekitar 2 kilometer dari kiosnya.
 
"Dari sini ke Salemba saja ongkosnya bisa Rp100.000 sekali antar," katanya.
 
 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019