Jakarta (ANTARA) - Mantan Menteri Tenaga Kerja era pemerintahan Presiden RI Soeharto, Cosmas Batubarara, akan disemayamkan di Kementerian Tenaga Kerja sebelum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Sabtu (10/8).

"Sabtu kami ada gereja, kemudian Bapak akan disemayamkan sebentar di Depnaker (Kemnaker), baru dari situ kami berangkat ke peristirahatan terakhir di Kalibata," ungkap Hendra Batubara, putra Cosmas, di rumah duka, Cikini, Jakarta Pusat.

Cosmas mengembuskan napas terakhir setelah berjuang melawan kanker limfoma yang diderita sejak akhir 2017 di RSCM Kencana, Kamis subuh.

Dia sempat berobat ke Jepang. Namun, akhirnya memutuskan untuk melanjutkan pengobatan di Indonesia.

Baca juga: Karangan bunga mulai penuhi kediaman mantan menteri Cosmas Batubara

Baca juga: Mantan Menteri Cosmas Batubara meninggal dunia


"Setelah itu, kami pulang, ternyata masih tersisa sedikit. Habis itu Bapak mau melanjutkan pengobatannya di Jakarta," ujarnya.

Cosmas Batubara adalah politikus Partai Golkar yang pernah menempati beberapa posisi penting di pemerintahan pada era Presiden Soeharto.

Selain pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja, tokoh kelahiran Purbasaribu, Simalungun, 19 September 1938 itu juga pernah memangku tugas sebagai Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat dan Menteri Negara Perumahan Rakyat. Ketiga posisi itu diembannya pada masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Semasa mahasiswa, dia adalah Ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Ketua Presidium KAMI Pusat. Dia adalah Pelopor Gerakan Mahasiswa Angkatan 66 yang disegani.

Semasa hidupnya, Cosmas Batubara menjabat sebagai petinggi di beberapa perusahaan, seperti Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk., Komisaris Utama PT Multi Bintang Indonesia Tbk., dan Komisaris PT Intiland Development Tbk.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019