Surabaya (ANTARA) - Zaskia Adya Mecca mengaku sering diuji tentang pengetahuan sejarah oleh sang suami, Hanung Bramantyo. Biasanya setelah bercerita mengenai kisah masa lampau, sutradara "Bumi Manusia" itu akan kembali bertanya pada Zaskia.

"Dia suka kayak bilang, 'Ini lho yang aku ceritain kemarin'. Oh my God, gue kemarin kurang memperhatikan. Besoknya kalau dia cerita harus benar-benar memperhatikan karena suka ada tes mendadak," kata Zaskia ditemui saat kunjungan ke Tugu Pahlawan di Surabaya, Kamis.

"Dia ngetes kayak inget enggak kemarin aku ceritain yang ini," lanjut ibu empat anak itu.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan pulang dari Australia, langsung terbang ke Surabaya

Menurut pemain sinetron "Para Pencari Tuhan" itu, Hanung memang sangat menyukai sejarah bahkan setiap ada kesempatan dia selalu bercerita tentang pahlawan.

"Dia menanamkan penting banget untuk mengenal kita ini dulu siapa, bagaimana bangsa ini bisa terbentuk, jadi kita bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang dulu," jelas Zaskia.

Menurut Zaskia, ketiga anaknya yang mulai besar jadi terbiasa dengan berbagai hal yang berbau sejarah, malah kecintaan Hanung terhadap sejarah juga menurun ke Sybil, Kalamadali dan Bhai Kaba.

"Tiap saat kalau ngobrol ngomongin sejarah, ada pahlawan A, pahlawan B, tapi menarik sih aku jadi suka sejarah sekarang. Aku sering bawa anak-anak ke museum juga," ujar pemain film "Ayat-Ayat Cinta 1" itu.

Baca juga: Mengenang Pramoedya lewat pameran "Jejak Karya Pram"

Baca juga: Pemeran "Bumi Manusia" bicara stereotip anak multiras

Baca juga: Mawar De Jongh berharap makin banyak orang baca buku Pramoedya

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019