Semangat kebersamaan seperti inilah yang menjadi hakikat Kemanunggalan TNI–rakyat, guna menggerakkan seluruh potensi wilayah untuk mewujudkan kekuatan pertahanan nasional yang kokoh, katanya
Manado (ANTARA) - Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang menutup pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Tahun Anggaran 2019 di lapangan Sari Cakalang Kelurahan Madidir Weru, Kota Bitung, Sulawesi Utara, Kamis.

Pangdam Mengatakan bahwa tema TMMD ke-105 adalah "Bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat".

"Tema ini sejalan dengan visi pemerintah, yakni membangun Indonesia dari pinggiran, karena TMMD fokus pada daerah-daerah terpencil yang relatif kurang tersentuh pembangunan," katanya.

Pangdam mengatakan, dalam setiap kegiatan TMMD dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong-royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat prajurit TNI dan masyarakat serta aparat terkait yang bekerja di lapangan.

Baca juga: TMMD di Samarinda bangun jalan 24.391.153 meter

Ini adalah refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa untuk membangun Indonesia.

“Semangat kebersamaan seperti inilah yang menjadi hakikat Kemanunggalan TNI–rakyat, guna menggerakkan seluruh potensi wilayah untuk mewujudkan kekuatan pertahanan nasional yang kokoh," katanya.

Ia mengatakan, selama satu bulan penuh para prajurit TNI telah bekerja bersama-sama masyarakat dan komponen bangsa lainnya serta instansi pemerintah untuk menyelesaikan seluruh sasaran kegiatan. Kesemuanya ini dapat tercapai tentunya berkat semangat gotong-royong dan kerja sama yang baik dan harmonis di antara seluruh pemangku kepentingan.

Baca juga: Pangdam IV Diponegoro : Sikap Gotong Royong Jangan Hanya di TMMD Saja

"Selaku penanggung jawab Operasi TMMD di wilayah Kodam XIII/Merdeka, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas hasil yang telah dicapai," katanya.

Ia menambahkan, keberhasilan ini tak lepas dari partisipasi aktif dan dukungan dari pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat serta instansi terkait.

"Kepada pemerintah daerah dan masyarakat setempat, saya serahkan hasil karya TMMD ke-105 ini untuk dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya agar dapat memberikan nilai guna yang tinggi bagi kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pada kesempatan itu juga diserahkan sembako kepada warga masyarakat kurang mampu. Selain itu juga ditampilkan atraksi tarian Kaka Endah dan marching band dari siswa SMA Kota Bitung.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019