Batam (ANTARA) - Persatuan Hotel dan Restoran Kota Batam Kepulauan Riau menyatakan saat ini, penginapan di kota setempat penuh, dengan tingkat hunian rata-rata lebih dari 90 persen.

"Mayoritas hotel di Nagoya Jodoh penuh. Untuk yang di pinggiran, seperti di wilayah Batuaji, tingkat hunian sampai 70 persen," kata Ketua PHRI Batam, Mansur di Batam, Jumat.

Saat ini, warga Singapura tengah menikmati akhir pekan panjang, libur mulai 9-11 Agustus 2019, karena 2 hari libur nasional, yaitu National Day pada 9 Agustus dan Hari Raya Idul Adha pada 11 Agustus 2019.

Menurut dia, sejak Kamis (8/8) sore, wisman sudah mulai datang ke Batam dan menginap di hotel-hotel. Namun, puncak kedatangan wisman diperkirakan pada Jumat (9/8).

"Ini karena Lebaran Haji juga, makanya publik holiday sudah dimulai kemarin," kata dia.

Ia berharap, wisman dapat menikmati akhir pekan panjangnya di Batam, untuk menambah "lenght of stay" kunjungan wisman di kota itu.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan warga yang bepergian, operator kapal menambah jadwal pelayaran Singapura-Batam, pada Jumat.

Manager Operasional PT Synergy Tharada, pengelola Pelabuhan Internasional Batam Centre, Nika Astaga mengatakan pada 9 Agustus, operator menambah 7 pelayaran serta pada 11 dan 12 Agustus 2019 menambah 18 pelayaran.

Penambahan pelayaran dilakukan seluruh operator kapal, yaitu Majestic, Batamfast dan Sindo Ferry.

"Pada tanggal 9 Agustus, terjadi penambahan 7 extra trip, sedangkan yang reguler saja ada 45, jadi semuanya 52 trip PP. Untuk tanggal 11 saat hari Raya Haji, ada penambahan 18 trip, khusus ke Singapura. Itu untuk tanggal 11-12 Agustus 2019," kata Nika.

Baca juga: Singapura libur panjang, wisman padati Pelabuhan Batam

Baca juga: Jadwal pelayaran Singapura-Batam ditambah

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019