counter

Gubernur Jambi cek harga kebutuhan pokok jelang Idul Adha

Gubernur Jambi cek harga kebutuhan pokok jelang Idul Adha

Gubernur Jambi H Fachrori Umar melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah di Pasar Angso Duo Kota Jambi, Jumat (9/8/2019). (Foto Dodi Saputra/Antaranews)

Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Fachrori Umar dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M Dianto, yang merupakan Ketua Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi beserta tim mengecek langsung harga bahan pokok menjelang Idul Adha 1440 H di Pasar Tradisional Angsoduo, Jumat.

Gubernur dan rombongan meninjau stok dan menanyakan harga sayur mayur, cabai, ikan dan daging sapi kepada para pedagang. Selanjutnya mengecek harga bahan pangan di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi.

Harga-harga bahan pokok di TTIC itu yakni cabai merah Rp60 ribu per kilogram, cabai rawit Rp64 ribu per kilogram, daging sapi Rp120 ribu per kilogram, ayam potong Rp30 ribu per kilogram, bawang merah Rp22 ribu per kilogram, bawang putih Rp28 ribu per kilogram. Selain bahan pokok itu, semuanya stabil.

Gubernur mengatakan peninjauan pasar dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga sembilan bahan pokok (sembako) menjelang lebaran Idul Adha yang jatuh pada, Minggu 11 Agustus 2019

Ia menjelaskan secara umum harga sembako yang ada di Pasar Angsoduo masih normal dan stabil, namun demikian ada beberapa bahan pokok mengalami kenaikan harga secara signifikan seperti cabai merah dan sayur-sayuran, yang dipengaruhi faktor cuaca (musim kemarau).

Untuk menghadapi lonjakan harga, Pemerintah Provinsi Jambi sudah menyiapkan toko Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di setiap pasar agar harga jangan terlalu tinggi dan Toko Tani Indonesia Center Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi akan menstabilkan harga pangan di pasaran.

Seperti harga cabai merah yang beberapa bulan belakangan ini merangkak naik sehingga membuat Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar cabai merah murah dengan harga petani dan terjangkau oleh masyarakat.

"Kami lakukan pemantauan harga pasar menjelang Idul Adha karena ingin tahu stok barang dan harganya apakah naik atau masih stabil. Alhamdulillah dari hasil pantauan kami semua barang stoknya aman dan harganya juga masih stabil dan terjangkau," kata Fachrori.

Dalam pantauan tersebut, tidak terdapat harga yang naik secara signifikan utamanya daging, ayam dan ikan, demikian pula dengan harga sembilan bahan pokok (sembako) harganya masih relatif normal. Jika pun naik, kenaikannya sedikit, karena telah tersedia pasokan dari petani dan distributor di hari-hari sebelumnya.*

Baca juga: Jelang Idul Adha harga cabai di Jambi naik

Baca juga: Kenaikan harga cabai merah salah satu penyebab inflasi di Jambi

Pewarta: Syarif Abdullah dan Dodi Saputra
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Program kartu-kartu Jokowi masuk RUU APBN 2020

Komentar