DKI bagikan daging kurban siap saji olahan koki hotel berbintang

DKI bagikan daging kurban siap saji olahan koki hotel berbintang

Seekor sapi sedang dijajakan untuk hewan kurban. ANTARA/Eka Arifa Rusqiyati/am.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama sembilan mitra kerja sama berencana membagikan daging kurban siap saji yang diolah koki hotel berbintang di Jakarta dalam program Dapur Kurban 2019.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Jumat, berkata, kehadiran para koki hotel bintang empat dan lima ini yang mengolah daging kurban lengkap dengan nasi dan sayurnya, juga sebagai bagian dari mitra dalam program terkait yang ditujukan untuk menebar kebahagiaan bagi warga kurang mampu di hari raya Idul Adha 2019.

"Dapur Kurban ini dikhususkan bagi masyarakat di perkampungan kumuh dan masyarakat tidak mampu lainnya dengan memberikan bukan lagi daging kurban mentah. Nantinya hidangan daging olahan bergizi siap santap yang diolah oleh para koki hotel berbintang serta prosesnya mengikuti standar yang ditentukan oleh Asosiasi Profesi Kemanan Pangan Indonesia," ujar dia, di Balai Kota Jakarta.

Juga baca: Pakar: Perlakuan kepada hewan kurban pengaruhi cita rasa daging

Juga baca: IDEAS: Potensi ekonomi kurban mampu selesaikan masalah impor daging

Juga baca: Anies Baswedan terapkan besek bambu untuk daging kurban

Ia menyatakan alasan menggandeng para koki itu, selain sudah berpengalaman dalam pengolahan masakan, juga diharapkan program ini dapat membawa pengalaman istimewa bagi para penerima daging kurban agar mereka merasakan cita rasa masakan hotel berbintang.

"Biasanya chef-chef ini hasil racikannya tidak diragukan nikmatnya dan mungkin hanya dinikmati kalangan atas. Namun kini, chefnya dari hotel berbintang tapi yang merasakan saudara kita kondisi sosial ekonominya yang di bawah," tuturnya.

Paket makanan ini akan diberikan kepada sembilan kelurahan di lima wilayah kota dan warga di RW tertentu di Kepulauan Seribu. Lalu untuk yayasan, masjid dan panti asuhan akan menerima hewan kurban dan kornet atau rendang kalengan.

Kerjasama Dapur Kurban 2019 ini telah ditandatangani oleh Pemprov DKI Jakarta dengan sembilan mitra kerjasama Jumat ink. Adapun sembilan mitra kerja sama yang berpartisipasi dalam Dapur Kurban 2019 ini yaitu di Hotel Borobudur, Hotel Shangri La, Hotel The Dharmawangsa, Hotel Aston Pluit, Hotel Grand Cempaka, ACT, APKEPI, Baznas Baziz Provinsi DKI Jakarta, ANTV, serta mendapat dukungan dari PKK dan KORPRI.

Adapun Dapur Kurban 2019 tersebut akan diselenggarakan selain di hotel-hotel yang sebagai mitra, juga dilakukan di lapangan dekat Lenggang Jakarta Monas yang akan dilaksanakan ACT pada Senin mendatang (12/8). Sementara daerah Kepulauan Seribu akan melaksanakan kegiatan lebih awal.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Anies tutup Blok G Balai Kota DKI Jakarta selama 3 hari

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar