Di pedalaman Aceh, Forum Dakwah salurkan hewan kurban

Di pedalaman Aceh, Forum Dakwah salurkan hewan kurban

Perwakilan Forum Dakwah Perbatasan ustadz Asrof Abdu Syakur (tiga dari kiri) menyerahkan hewan kurban kepada Ketua Dai Perbatasan ustadz Muslim Banci (tiga dari kanan) untuk disalurkan kepada masyarakat di Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil, Jumat (9/8/2019). (FOTO ANTARA/HO-Dok Forum Dakwah Perbatasan Aceh

Sebagian wilayah perbatasan dan pedalaman Aceh warganya jarang menyembelih hewan kurban karena ekonomi masyarakatnya kurang mampu
Banda Aceh (ANTARA) - Forum Dakwah Perbatasan Aceh menyalurkan puluhan ekor hewan kurban ke berbagai daerah pedalaman dan perbatasan di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

Ketua Forum Dakwah Perbatasan Aceh Nurkhalis di Banda Aceh, Jumat, mengatakan puluhan hewan tersebut merupakan kurban pengurus dan juga simpatisan forum itu.

"Hewan kurbannya sebanyak 40 ekor domba yang akan disalurkan ke daerah perbatasan dan pedalaman karena konsentrasi dakwah kami di wilayah itu," katanya.

Nurkhalis mengatakan, penghimpunan dan penyaluran hewan kurban itu merupakan yang pertama dilakukan Forum Dakwah Perbatasan Aceh, yang diharapkan program itu berlanjut di Idul Adha tahun berikutnya.

"Forum Dakwah Perbatasan sebagai lembaga penyalur berterima kasih kepada para mudhahhi atau orang berkurban. Sebab, telah mempercayai Forum dakwah yang mendistribusikan kurban mereka,” katanya.

Selama ini, katanya, masyarakat sebagian wilayah perbatasan dan pedalaman Aceh jarang menyembelih hewan kurban karena ekonomi masyarakatnya kurang mampu

Dengan penyaluran hewan kurban ini, kata Nurkhalis -- dokter spesialis jantung dan pembuluh darah itu --akan menumbuhkan kepedulian sesama umat Islam, baik mereka yang ada di perkotaan dengan di perbatasan dan pedalaman Aceh.

"Kami berharap kegiatan penyaluran hewan qurban ini memperkokoh persaudaraan, sehingga kaum muslimin di perbatasan dan pedalaman itu tidak merasa sendirian," demikian Nurkhalis.

Baca juga: Anak kurang mampu pulau terluar Aceh dikhitan massal

Baca juga: ACT targetkan distribusi 1.000 ekor hewan kurban ke seluruh Aceh

Baca juga: Forum dakwah kirim puluhan dai ke daerah perbatasan Aceh

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Warga keturunan Tionghoa di Aceh mulai bersih-bersih vihara

Komentar