Gorontalo (ANTARA) - Sebanyak 24 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Gorontalo belajar tarian Saronde dan tarian kolosal yang akan dipertunjukan di Jawa Timur.

Pelatih dan juga koreografer tarian, Bambang di Gorontalo, Jumat, mengatakan untuk konsep tahun ini para peserta dilatih untuk membawakan dua tarian.

"Yang pertama itu adalah tari Saronde sebagai tarian penyambutan untuk memperkenalkan daerah kita kepada daerah lain," ujarnya.

Kemudian ada tarian kolosal yang menggunakan lagu Hulondhalo Lipu'u yang mencerminkan daerah Provinsi Gorontalo.

"Ada beberapa gerakan yang kita gunakan, seperti mengikuti pahlawan Nani Wartabone, ada juga gerakan membuka kipas yang memiliki arti bahwa kita juga membuka banyak tali persaudaraan bersama orang lain," jelasnya.

Sedangkan untuk kostum yang akan gunakan untuk tarian Saronde yaitu baju adat Gorontalo yang dikreasikan, kemudian untuk tarian kolosal menggunakan sulaman khas Gorontalo yaitu Karawo

"Tujuannya untuk memperkenalkan kepada daerah lain bawa Gorontalo memiliki kain khas sulam Karawo," pungkasnya.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Gorontalo yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri selaku koordinator serta PT PPI, Djakarta Lloyd dan Indonesia Re selaku wakil koordinator.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2019