Mekkah (ANTARA) - Dari Padang Arafah, Arab Saudi, Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin mengucapkan selamat hari raya Idul Adha kepada umat Muslim di Tanah Air.

“Kepada seluruh umat Muslim di Tanah Air saya menyampaikan selamat hari Raya Idul Adha mudah-mudahan kita mampu memaknai Idul Adha yang hakikatnya adalah Idul Qurban,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelang pelaksanaan wukuf di Padang Arafah, Sabtu.

Ia mengatakan Idul Adha adalah acara hari raya yang besar bagi umat Islam bahkan pada hakikatnya lebih besar dari Idul Fitri, sebab  itu karena haji adalah puncak dari ibadah secara keseluruhan dan semangat berkurban di dalamnya bisa dimaknai dengan baik oleh umat Islam.

“Semangat berkurban inilah mudah-mudahan mampu ditangkap oleh seluruh umat Islam Indonesia dan dunia karena hakikat berkurban itu adalah intinya kita mampu lebih mengedepankan orang lain daripada diri sendiri dan itu adalah esensi inti dari ajaran Islam,” katanya.

Ia menambahkan Islam mengajarkan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling mampu dan paling besar menebarkan kemaslahatan bagi sesama.

“Dan itu bisa dilakukan kalau kita punya kesadaran berkurban untuk lebih mementingkan orang lain daripada diri kita sendiri,” katanya.

Lukman Hakim Saifuddin memimpin delegasi Amirul Hajj dalam penyelenggaraan haji tahun ini. Ia bersama 13 tokoh ulama, perwakilan ormas Islam, dan instansi terkait memimpin misi haji Indonesia.

Jamaah Indonesia hingga menjelang pelaksanaan wukuf di Arafah pada Sabtu pagi telah hampir seluruhnya berada di Arafah.

Baca juga: Amirul Haj ajak jamaah rekonstruksi niat
Baca juga: Amirul Haj takziah ke Maktab 51 Arafah
Baca juga: Kemenag gelar rakor dengan Amirul Haj

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019