Palangka Raya (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Palangka Raya mengutus wakil rektor untuk mendatangi dan merealisasikan kerja sama dengan sejumlah kampus perguruan tinggi di Malaysia dalam upaya mengembangan tempat kuliah lapangan luar negeri dan praktik mahasiswa.

Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah (UM) Palangka Raya membidangi Kerja sama dan Hubungan Internasional, Ika Safitri Windiarti, S.T.,M.Eng.,Ph.D yang sedang berada di Malaysia, Sabtu, menyebutkan kunjungan pertamanya ke University Kebangsaan Malaysia mendapat sambutan hangat.

Pejabat University Kebangsaan Malaysia Dr. Nor Fazila Kamal, mengaku pernah mendengar keberadaan UM Palangka Raya sebagai kampus eksis di Pulau Kalimantan.

Pejabat UKM Malaysia yang membidangi “Strategic Coordinator Faculty of Engineering and Built Environment” itu menyatakan kesiapan untuk kolaborasi dalam mengembangan model penyelengaraan pendidian tinggi antarkedua Negara.

“Kami membicarakan peluang kerja sama dalam hal pengiriman mahasiswa keluar negeri untuk mahasiswa pada lintas fakultas dan program studi yang ada di UM Palangka Raya,” ucap Ika Safitri, Doktor bidang Ilmu Komputer dari Australia itu.

UM Palangka Raya terus membuka akses bagi pengiriman mahasiswa untuk menambah pengetahuan dan wawasan agar memiliki perspektif global.

Pengiriman mahasiswa UM Palangka Raya disetarakan program kuliah kerja nyata (KKN), praktik kuliah lapangan (PKL), juga “credit transfer” serta “student exchange” atau pertukaran mahasiswa antarnegara.

Universitas di Malaysia menyiapkan kerja sama di antaranya di bidang Mikroprosesor Laboratory, Digital Laboratory dan Integrated Computing Laboratory

Ika Safitri juga dijadwalkan kunjungan lanjutan ke Heriot Watt University di Malaysia. Kunjungan selanjutnya menyasar ke berbagai Universitas di Australia, Timur Tengah dan Negara-Negara di Aropa.

Fisipol UM Palangka Raya yang baru mendapat pengakuan Unggul dari Pemerintah dengan Terakreditasi “A” oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk Program Studi Ilmu Administrasi Negara, dalam empat tahun terakhir telah menyelenggarakan kuliah lapangan luar negeri dengan penempatan Kedubes dan KJRI di sejumlah negara anggota ASEAN dan di Mumbay India dan India Selatan.

Fisipol UM Palangka Raya kembali mengajukan permohonan asesmen atau penilaian oleh BAN-PT untuk Prodi S2 Magister Administrasi Publik juga menuju Terakreditasi "A" Unggul dan Prodi S1 Ilmu Komunikasi menuju Terakreditasi "B" karena merupakan prodi baru dan untuk pertama mengusulkan penilaian assesmen.

Baca juga: Fisipol UM Palangkaraya perluas kuliah lapangan luar negeri
Baca juga: KJRI apresiasi kuliah lapangan FISIPOL UM Palangkaraya

 

Pewarta: Muhammad Yusuf
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019