Jakarta (ANTARA) - Panitia kurban Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, menyiapkan sekitar 1.500 kupon untuk pembagian daging kurban yang akan didistribusikan ke lingkungan sekitar masjid pada Idul Adha 1440 H.

Tercatat ada sebanyak 15 ekor sapi dan 50 ekor kambing yang akan disembelih dalam perayaan Idul Adha. Jumlah tersebut kemungkinan bisa terus bertambah.

Baca juga: Anies Baswedan kasih diskresi soal lokasi jual hewan kurban

Baca juga: 88.531 ekor hewan kurban di Jakarta lolos pemeriksaan kesehatan


"Kupon sudah dibuat cuma belum didistribusikan karena kita belum selesai penerimaan hewan. Biasanya sampai malam masih ada yang kirim," kata Mahfud Mustofa selaku Imam Masjid Cut Meutia kepada Antara saat ditemui di lokasi, Sabtu.

Dia mengatakan bahwa pemotongan hewan kurban akan dilakukan setelah selesai ibadah shalat Idul Adha. Sedangkan pembagian daging hewan kurban akan dilakukan setelah shalat Zuhur dengan menggunakan kantong plastik daur ulang.

"Kita utamakan pembagian kupon ke tetangga terdekat sesuai contoh nabi. Kita utamakan ke pedagang juga, penyapu jalan itu dibagi semua. Untuk tetangga lingkungan kita suplai ke RT masing-masing sekitar masjid," ujar dia.

Mahfud Mustofa yang juga akan bertindak sebagai imam pelaksanaan shalat Idul Adha mengatakan  sejumlah hewan kurban di Mesjid Cut Meutia dikirim oleh tokoh nasional, seperti Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan keluarga Cendana.

"Megawati biasanya setiap tahun rutin kirim sapi. Ada juga dari Chairul Tanjung dan keluarga Cendana," katanya.

Baca juga: 159 petugas Sudin KPKP Jakbar pantau kesehatan hewan kurban

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019