Jakarta (ANTARA) - Tim rugbi putra dan putri Indonesia menargetkan bisa masuk tiga besar dalam kejuaraan Asia Rugby Sevens Trophy yang digelar di Lapangan Rugbi kompleks Stadion Gelora Bung Karno pada 10-11 Agustus 2019.

"Kami berharap tim ini memperbaiki prestasi untuk bisa menduduki peringkat 3 besar. Memang tidak mudah untuk mengejar sebuah prestasi, mengingat kompetitor di Asia Rugby adalah negara-negara yang sudah mapan rugbinya," ujar Ketua Umum PB Persatuan Rugby Union Indonesia Didik Mukrianto, Sabtu.

Didik mengatakan pada penyelenggaraan Asia Rugby tahun lalu di Singapura, Indonesia mampu tampil impresif dan masuk dalam lima besar.

Capaian itu termasuk catatan yang patut diapresiasi apalagi olahraga rugbi di Indonesia belum begitu populer. Demikian juga dengan perkembangan rugbi yang baru merangkak pada periode 2000-an. Melihat hasil saat di Singapura, target dalam kejuaraan tahun ini mesti lebih baik.

"Rugbi masuk Indonesia pada 2002, tapi komunitas-komunitas. Kita masuk keanggotaan KONI 2013. Di sana rugbi tumbuh," kata dia.

Menurutnya, PB PRUI terus berupaya agar rugbi dapat dipertandingkan dalam SEA Games 2019. Kekhawatiran muncul terkait kemungkinan tidak diberangkatkannya atlet rugbi ke ajang multi even tersebut.

Namun, PB PRUI yakin terhadap komitmen Kemenpora, KOI dan KONI dapat memperjuangkan tim rugbi Indonesia mentas di ajang SEA Games mendatang.

"Mudah-mudahan komitmen dari Kemenpora segera terealisasi, mungkin bisa meringankan beban kami PB PRUI untuk berangkat ke SEA Games nanti. Dan kami sekali lagi berharap, KONI sebagai representasi dari cabang-cabang olahraga bisa memberikan kesempatan bertanding," katanya.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019