Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur bangkit dan membalikkan ketertinggalan demi menghantam Aston Villa 3-1 dalam laga pekan pembuka Liga Inggris 2019/20 di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Minggu dini hari WIB.

Kemenangan itu diraih kendati sempat tertinggal lebih dulu akibat gol John McGinn untuk Villa, namun tendangan roket rekrutan termahal mereka Tanguy Ndombele serta dwigol sang kapten Harry Kane demi meraup tiga poin penuh, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Tottenham membuka pertandingan dengan agresivitas tinggi bahkan Lucas Moura memperoleh dua peluang berbahaya dalam kurun waktu lima menit sejak sepak mula, namun tembakan pertamanya melambung di atas mistar gawang, sedangkan tandukannya menyambut umpan silang Danny Rose masih bisa diamankan kiper Tom Heaton.

Ironisnya, agresivitas itu dibalas dengan umpan jauh terukur kiriman Tyrone Mings yang sukses dikendalikan McGinn demi mengecoh Davinson Sanchez dan akhirnya membobol gawang Hugo Lloris lewat tembakan ke arah sudut bawah. Villa unggul 1-0 sembilan menit memasuki laga.

Skor itu bertahan hingga turun minum setelah babak pertama berlanjut tampa peluang berarti.

Baca juga: Burnley lumat Southampton, Brighton pecundangi Watford

Manajer Tottenham, Mauricio Pochettino, yang sengaja tak memasang Christian Eriksen mengingat belakangan sang pemain tak menyembunyikan keinginannya untuk hijrah mencari tantangan baru, tak punya pilihan lain kecuali menurunkan legiun Denmark itu pada menit ke-64 ketika situasi tak kunjung berubah.

Eriksen segera memberikan kontribusi positif saat ia mengirimkan umpan silang yang berusaha diselesaikan oleh Sanchez namun dihentikan penyelamatan gemilang Heaton pada menit ke-73, hanya berbuah sepak pojok.

Sepak pojok itu justru menjadi momen keberhasilan Tottenham menyamakan kedudukan ketika NDombele dikiriman umpan oleh Lucas dan menyambutnya dengan tendangan keras yang melesak ke sudut bawah gawang tak terjangkau Heaton.

Tottenham hampir berbalik unggul ketika Eriksen mengeksekusi tendangan bebas dengan terarah ke area tiang dekat, namun Heaton kembali bisa menghalaunya.

Tuan rumah akhirnya sepenuhnya berbalik unggul ketika Erik Lamela sukses mencuri bola dari Jack Grealish dan ia melepaskan tembakan yang sempat membentur Mings dan Bjorn Engeles sebelum jatuh ke ruang tembak Kane yang dengan mudah mengubah skor menjadi 2-1 pada menit ke-86.

Tepat pada pengujung waktu normal, Kane kembali mencetak gol memanfaatkan lini pertahanan Villa yang terlihat kelelahan dengan menyambut umpan terobosan Moussa Sissoko dan diawali satu sentuhan kecil penyerang tim nasional Inggris itu sukses memastikan kemenangan Tottenham menjadi 3-1.

Baca juga: Sterling trigol, City buka musim berpesta lima gol di West Ham

Baca juga: Burnley lumat Southampton, Brighton pecundangi Watford


Susunan pemain:

Tottenham Hotspur (4-3-1-2): Hugo Lloris; Kyle Walker-Peters, Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Danny Rose; Tanguy NDombele (Oliver Skipp), Harry Winks (Christian Eriksen), Moussa Sissoko; Erik Lamela (Georges-Kevin Nkoudou); Lucas Moura, Harry Kane
Pelatih: Mauricio Pochettino

Aston Villa (4-1-4-1): Tom Heaton; Ahmed El Mohamady, Bjorn Engels, Tyrone Mings, Neil Taylor; Conor Hourihane (Douglas Luiz); Trezeguet (Jota), John McGinn, Jack Grealish, Anwar El Ghazi; Wesley (Jonathan Kodjia)
Pelatih: Dean Smith

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2019