counter

Wapres Jusuf Kalla ajak masyarakat doakan jamaah haji

Wapres Jusuf Kalla ajak masyarakat doakan jamaah haji

Wakil Presiden H Muhammad Jusuf Kalla (tengah) didampingi Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah (tiga kanan) dan Pangdam XIV Hasanuddin ā€ˇMayor Jenderal TNI Surawahadi (dua kanan) usai melaksanakan salat Id Idul Adha 1440 hijiriah di lapangan Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (11/8/2019). FOTO/Darwin Fatir.

Makassar (ANTARA) - Wakil Presiden H Muhammad Jusuf Kalla mengajak masyarakat untuk sama-sama mendoakan seluruh jamaah haji yang sedang berada di tanah suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini dengan baik dan damai. 

"Mari kita semua mendoakan jamaah haji kita, di mana kita doakan mereka di Arafah menjalankan ibadah sebaik-baiknya dengan damai," ujar Wapres dalam sambutannya jelang pelaksanaan shalat Idul Adha 1440 Hijriah di lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu.

Selain mendoakan para jamaah haji di Mekkah, Jusuf Kalla juga mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama mendoakan Indonesia agar senantiasa mendapat rahmat dari Tuhan penguasa semesta alam.

"Dan tentunya kita mendoakan negara kita, negeri kita diberkati oleh Allah SWT," kata Jusuf Kalla  dihadapan ribuan jamaah yang hadir di lapangan tersebut.

Ia juga menyampaikan, makna dari Hari Raya Idul Qurban, di mana manusia berkurban dan diuji kesabaran untuk menambah amal ibadah masing-masing umatnya.

"Hari berkurban bukan hanya kita berkurban sapi atau kambing, tetapi berkorban sesuai dengan kemampuan kita semua. Seperti pejabat, berkorban semuanya dengan baik, karena itu sebagai bentuk kesempurnaan menjalankan ibadah kita dengan baik," ujar dia.

"Dan seperti kita semua mengabdi kepada masyarakat. Semua itu pengorbanan yang patut kita jalankan, bagi kita semua. Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan penghargaan bahwa kita semua di Makassar telah menjalankan ibadah sebaik- baiknya," kata Wapres. 

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini juga mengatakan, dirinya sangat berbahagia bisa hadir kembali bersama masyarakat Sulawesi Selatan untuk bersama-sama melaksanakan shalat Idul Adha dan berlebaran di kampung halaman.

"Saya Alhamdulillah, bisa hadir pada pagi ini, tahun lalu tidak hadir dalam merayakan Idul Fitri dan Idul Adha. Saya masih teringat pada masa muda, bagaimana mengurus Idul Fitri dan Idul Adha di tempat ini setiap tahunnya," katanya.

"Itulah saya merasa sangat berbahagia untuk hadir lagi dalam acara ini. Sekali lagi saya sampaikan, selamat merayakan Hari Raya Idul Adha, semoga kita semua diberikan ridho oleh Allah SWT," ujar Wapres yang juga merupakan Ketua Umum Palang Merah Indonesia ini.

Bertindak sebagai shalat Idul Adha yakni imam H Bahri Waru merupakan Qari terbaik I Internasional, sedangkan Khatib atau penceramah Prof DR H Kasim Salenda, Guru Besar UIN Alauddin Makassar, dan mengangkat tema Dengan Hikmah Idul Qurban Kita Merajut Kebersamaan.

Hadir mendampingi Wapres JK, Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah, Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suhaeb, Pangdam XIV Hasanuddin ‎Mayor Jenderal TNI Surawahadi beserta jajaran, Kapolda Sulsel, sejumlah pejabat Pemprov Sulsel dan Pemkot Kota Makassar.

Usai melaksanakan shalat, Wapres JK menyerahkan satu ekor hewan kurban kepada panitia masjid Al Markaz Al Islami. Selanjutnya masing-masing Gubernur Sulsel dan Pejabat Wali Kota Makassar juga menyerahkan seekor hewan kurban.


Baca juga: Ratusan jemaah shalat Id di Jakarta Barat tumpah ruah

Baca juga: Ratusan muslim laksanakan shalat Idul Adha di Dewan Dakwah Islamiyah

Baca juga: Jokowi dan Ibu Negara Iriana Shalat Idul Adha di Kebun Raya Bogor



 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ini yang akan dilakukan JK setelah pensiun sebagai Wapres

Komentar