Selalu gunakan masker untuk mengantisipasi dan meminimalkan dampak kabut asap terhadap kesehatan. Jika perlu kurangi aktivitas yang tidak penting di luar ruangan,
Palangka Raya (ANTARA) - Ribuan warga di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Minggu pagi pagi melaksanakan sholat Idul Adha 1440 Hijriah di tengah udara yang diselimuti kabut asap tebal.

"Alhamdulillah meski pagi ini kabut asap tebal menyelimuti Palangka Raya ribuan warga yang ada di halaman Bank Indonesia (BI) tetap dapat menjalankan sholat Idul Adha dengan lancar," kata Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri usai sholat Idul Adha.

Dia pun mengingatkan warga yang sholat Idul Adha di halaman BI Kantor Perwakilan Kalteng untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

"Selalu gunakan masker untuk mengantisipasi dan meminimalkan dampak kabut asap terhadap kesehatan. Jika perlu kurangi aktivitas yang tidak penting di luar ruangan," ujarnya.

Baca juga: Jamaah salat Idul Adha "geruduk" Masjid Raya Jakarta

Berdasarkan pantauan, ribuan warga Muhammadiyah serta warga di Kota Palangka Raya memadati halaman kantor BI Provinsi Kalteng

Terlihat aparat kepolisian serta Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda (Kokam) Muhammadiyah berjaga-jaga untuk mengantisipasi gangguan selama pelaksanaan sholat Idul Adha.

Bertindak sebagai imam adalah Adied Najiyurrahman dan sebagai khotib sholat Idul Adha ialah Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah H.R. Alpha Amirrachman.

Alpha, dalam khutbahnya mengatakan Idul Adha merupakan momentum bagi seluruh elemen masyarakat untuk lebih rela berkorban seperti apa yang telah dicontohkan Nabi Ibrahim dan Ismail.

Baca juga: Wapres Jusuf Kalla ajak masyarakat doakan jamaah haji

Sementara itu, Andi salah seorang warga mengatakan meski kabut asap mengganggu aktivitas tetapi tidak menghambat keluarganya melaksanakan sholat Idul Adha.

"Untuk sholat Idul Fitri dan Idul Adha dianjurkan lebih baik dilaksanakan di lapangan. Meski udara diselimuti kabut asap tebal tetapi tidak mengganggu pelaksanaan sholat. Untuk itu kita juga menggunakan masker," jelasnya.

Ia pun berharap kabut asap tebal yang melanda wilayah Palangka Raya sejak beberapa waktu lalu segera menghilang.

Baca juga: Udara Jakarta tak sehat pada pagi Idul Adha



Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019