Jakarta (ANTARA) - Khatib yang memberikan tausiyah usai pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Al Muhajirin, Grogrol, Jakarta Barat, dalam pesannya mengimbau jemaah untuk pandai bersyukur dan rajin berkurban sehingga pada akhirnya bisa menjadi kekuatan bagi umat Islam.

"Ketika kita bersyukur semua jadi berkah. Ketika kita bisa mengelola rezeki dengan benar, maka hal itu akan menjadi kekuatan bagi umat Islam," kata Ustadz Marwan Said dalam tausiyahnya di hadapan ratusan jemaah shalat Id, Minggu.

Baca juga: Jamaah salat Idul Adha "geruduk" Masjid Raya Jakarta

Ia mengatakan saat ini umat Islam masih banyak yang beranggapan bahwa wujud rezeki hanya berupa uang sehingga mereka lupa bersyukur saat tidak memiliki uang.

Baca juga: Pejabat sumbang sapi bagi korban kebakaran Manggarai

Padahal, kata dia, selain uang, rezeki juga dapat berupa kesehatan, waktu, kesempatan, pekerjaan dan juga negeri yang aman.

"Umat Islam di Indonesia harus bersyukur karena kita masih berada di negeri yang aman," tuturnya.

Baca juga: Anies sumbang "limosin" untuk Pemprov DKI Jakarta

Khatib Marwan lebih lanjut juga mengimbau para jemaah untuk tidak ragu mengeluarkan sebagian rezeki untuk berkurban karena dengan berkurban umat Islam diajarkan untuk berbagi.

"Dengan berkurban kita diajarkan untuk saling berbagi dengan orang lain yang mungkin belum pernah merasakan nikmatnya daging kurban," katanya.

Baca juga: Masjid Hasyim Asy'ari laksanakan pemotongan hewan kurban Senin

Dengan berkurban juga, kata dia, kekuatan umat Islam akan bertambah karena kesejahteraan umat bisa lebih merata.

Pewarta: Katriana
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2019