Sebab kebaikan dalam keluarga pada akhirnya akan berimbas pada terwujudnya kesalehan sosial,
Pamekasan (ANTARA) - Aparat kepolisian Polres Pamekasan, Jawa Timur menerjunkan sedikitnya 110 personel guna mengamankan pelaksanaan sholat Id pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, Minggu pagi.

"Mereka kami tugaskan di sejumlah lokasi pelaksanaan sholat Id di Kota Pamekasan, seperti di Masjid As-Syuhada, lapangan Bakorwil IV Pamekasan dan di lapangan Pendopo Pemkab Pamekasan," kata Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Pamekasan, Kompol Djalaludin.

Menurut dia, ke-110 personel itu merupakan gabungan dari unsur kepolisian, TNI Polisi Militer, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan personel dari Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Pamekasan.

Para personel ini, umumnya ditugaskan mengamankan parkir dan mengatur parkir kendaraan bermotor warga yang menunaikan ibadah sholat Id.

Baca juga: Presiden Jokowi sampaikan ucapan selamat Idul Adha 1440 H

Di Pamekasan, Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 Hijriah serentak jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019, baik ormas Nahdlatul Ulama (NU) maupun ormas Muhammadiyah.

Sementara itu, Khotib sholat Id di Masjid As-Syuhada Pamekasan, KH Ahmad Fauzi Tidjani dalam khotbahnya mengajak, agar umat Islam menjadikan Hari Raya Idul Adha kali ini, bisa mengambil pelajaran peristiwa kurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim.

Baca juga: Muslim Pontianak shalat di lapangan terbuka meskipun berkabut asap

Menurut dia yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Sumenep itu, kisah pengorbanan Nabi Ibrahim terhadap putranya Ismail itu, menunjukkan bahwa, pentingnya semangat pengabdian yang tinggi dalam sebuah keluarga.

"Sebab kebaikan dalam keluarga pada akhirnya akan berimbas pada terwujudnya kesalehan sosial," tambahnya.

Baca juga: Khatib: Idul Adha dimaknai dengan perubahan filosofi hidup umat

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019