Daging kurban Masjid Al Azhar disalurkan ke desa hingga Papua

Daging kurban Masjid Al Azhar disalurkan ke desa hingga Papua

Warga menyaksikan hewan kurban sebelum pemotongan di kompleks Masjid Agung Al Azhar Jakarta, Minggu (11/7). (ANTARA/Aditya Ramadhan)

Jakarta (ANTARA) - Daging kurban yang diterima pengurus Masjid Agung Al Azhar Jakarta akan disalurkan ke desa-desa di seluruh Indonesia dari Sumatera hingga ke Papua.

Ketua Yayasan Pesantren Al Azhar Shabah Syamsi di Jakarta, Minggu, mengatakan total penerimaan hewan kurban dari masyarakat per 11 Agustus 2019 sebanyak 27 ekor sapi dan 526 ekor kambing.

Jumlah hewan kurban tersebut diterima dari lembaga penerimaan hewan kurban baik dari masjid, maupun yayasan pesantren dan sekolah mulai dari TK hingga SMA.

Shabah menyebut jumlah penerimaan hewan kurban juga meningkat dibanding tahun lalu. "Ya meningkatnya sekitar 10-20 persen," kata Shabah.

Untuk pemotongan hewan kurban yang dilakukan di kompleks Masjid Agung Al Azhar dilakukan pada hari ini dengan menyembelih 12 sapi dan 148 ekor kambing. Dari jumlah tersebut panitia kurban membagikan 1200 kupon daging kurban pada masyarakat setempat.

Selain penerimaan hewan kurban, LAZ Al Ahzar juga menerima dalam bentuk uang yang nantinya akan dibelikan hewan kurban di daerah untuk penyaluran ke desa-desa di seluruh Indonesia.

Penyaluran kurban dikirimkan ke berbagai wilayah mulai dari Jawa meliputi Jabodetabek, Banten di Pandeglang, Jawa Barat, meliputi Purwakarta, Bandung, Bandung Barat dan Cianjur.

Di Jawa Tengah meliputi Kabupaten Wonogiri, Brebes, Klaten, Magelang, Cilacap, Sleman, Solo, Kulon Progo, Yogyakarta dan Surabaya serta Kediri untuk wilayah Jawa Timur.

Penyaluran juga mencapai Kota Padang Sumatera Barat, Kabupaten Gowa dan Donggala di Sulawesi, Kabupaten Bedugul Bali, Lombok Utara, Timor Selatan dan Flores di NTT, hingga Jayapura Papua.


Baca juga: Haedar Nasir minta para elit politik "berkurban" untuk masyarakat

Baca juga: Muslim Pontianak shalat di lapangan terbuka meskipun berkabut asap

Baca juga: Cinta Laura tidak masalah santap makanan bersantan saat Idul Adha

 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Cara bijak konsumsi daging kurban

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar