Jakarta (ANTARA) - Semua orang khususnya yang menderita penyakit kronis seperti diabetes, penyakit kardiovaskular dan hipertensi harus mengontrol asupan makanan berbahan daging selama Idul Adha.

Ahli endokrin di Turki, Dr Mustafa Altay seperti dilansir Anadolu Agency, Minggu menyarankan orang dengan penyakit kronis mengonsumsi sedikit daging tanpa lemak atau rendah lemak pada hari raya yang jatuh setiap tanggal 10 Zulhijah dalam kalender Islam itu.

Hal senada diungkapkan Ahli endokrin Dr Safiye Arik. Menurut dia, daging berlemak mengandung kolesterol jahat dan lemak jenuh yang tinggi.

"Orang dengan penyakit kronis, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, harus mengonsumsi daging secara terbatas karena daging berlemak mengandung kadar lemak jenuh dan kolesterol tinggi," kata dia.

Kemudian, bagi mereka yang menderita diabetes sebaiknya hindari konsumsi makanan penutup yang manis seperti jus buah.

"Pasien diabetes khususnya harus menghindari makanan penutup seperti jus buah manis, dan jika mungkin, pilih yang sedikit gula, susu dan berasal dari bahan alami," tutur Arik.

Sementara itu, ahli bedah jantung Dr Gokce Sirin, mengatakan kebiasaan makan yang buruk dapat menyebabkan segudang masalah kesehatan termasuk obesitas, diabetes, tekanan darah, pitam dan penyakit kardiovaskular.

"Makan yang tidak teratur dapat mengancam jiwa orang dengan masalah berat badan dan jantung, tekanan darah, penyakit kardiovaskular dan gastroenterologi," kata Sirin.

Baca juga: Benarkah durian mengandung kolesterol?

Baca juga: 8 manfaat lengkuas, dari cegah kanker hingga mengontrol asma

Baca juga: Manfaat dan risiko mengonsumsi udang

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019