counter

Korban kebakaran Manggarai manfaatkan air dari kebocoran pipa PDAM

Korban kebakaran Manggarai manfaatkan air dari kebocoran pipa PDAM

Warga RW07 Jalan Swadaya 1, Manggarai, Jakarta Selatan, memanfaatkan kebocoran pipa PDAM sebagai sumber air bersih, Minggu (11/8/2019. Kebocoran terjadi akibat peristiwa kebakaran yang membuat pipa pecah. (ANTARA/Andi Firdaus)

Jakarta (ANTARA) - Korban kebakaran di Jalan Swadaya I, RW07, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, memanfaatkan kebocoran air dari pipa pecah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat sebagai sumber air bersih usai peristiwa kebakaran, Rabu (11/7).

"Biasanya warga di sini pakai air tanah, tetapi sejak kebakaran, mesin pompa rusak. Kebetulan banyak titik pecahan pipa air PDAM yang terbakar," kata Humas Karang Taruna RW07 Manggarai, Wahyu Hidayat (28) di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Korban kebakaran Manggarai berbagi kompor memasak daging

Tidak kurang dari belasan titik kebocoran air PDAM di Jalan Swadaya 1 dimodifikasi warga menggunakan sambungan selang untuk mengaliri air bersih ke rumah-rumah.

Air tersebut dimanfaatkan warga untuk keperluan memasak air minum atau makanan dan mencuci pakaian.

Baca juga: Korban kebakaran Manggarai sempat pesimistis rayakan Idul Adha

Bahkan sebagian warga ada yang memanfaatkan air PDAM untuk mencampur bahan baku semen dan pasir selama proses pemulihan bangunan rumah tinggal yang terbakar.

"Namanya musibah. Kita juga sedang berupaya menghidupkan kembali mesin pompa yang rusak," katanya.

Wahyu mengatakan sekitar 788 jiwa korban kebakaran di enam RT wilayah itu telah mendapatkan berbagai bantuan, termasuk salah satunya toren air yang dipasang di atas menara setinggi 3 meter.

Rencananya, bila mesin sedot telah kembali berfungsi, air tanah akan ditampung menuju toren air untuk diakses warga.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Korban kebakaran Manggarai antusias rayakan Idul Adha

Komentar