Ambon (ANTARA) - Aparat Kepolisian Daerah Maluku mengurbankan puluhan ekor hewan di hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah yang dipotong di lingkungan Masjid At Taqwa, Asrama Polda Maluku, Ambon, usai pelaksanaan shalat id.

Ketua Panitia Kurban Polda Maluku, AKBP Sigit Nurohmat Hidayat mengungkapkan, total hewan yang dikurbankan berjumlah 32 ekor terdiri dari 22 ekor sapi dan 10 ekor kambing.

Sebanyak 22 ekor sapi kurban itu merupakan sumbangan dari Gubernur Maluku Murad Ismail, Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa, Wakapolda Brigjen Pol Drs Teguh Sarwono, Kapolres dan sejumlah pejabat utama kepolisian setempat.

Sementara 10 ekor kambing merupakan sumbangan dari personil kepolisian dan hamba Allah yang tidak mau disebutkan.

Menurutnya, daging dari puluhan hewan akan disumbangkan kepada para fakir miskin, dan kaum dhuafa yang ada di kota Ambon.

Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa, pada acara pemotongan kurban itu mengatakan, Idul Adha merupakan lebaran yang mengajarkan manusia khususnya umat Islam untuk harus ikhlas berkurban sebagaimana yang ditunjukkan Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail.

"Lebaran Idul Adha atau juga yang sering disebut lebaran Idul Kurban, memberikan makna yang luar biasa bagi setiap manusia, untuk ikhlas dan sabar dalam menghadapi segala persoalan kehidupan termasuk kita sebagai anggota kepolisian," kata Kapolda saat membuka acara pemotongan hewan kurban.

Orang nomor satu di Polda Maluku ini mengajak seluruh personil untuk mengimplementasikan makna berkurban di lebaran Idul Adha ke dalam tugas keseharian Polri.

"Mari kita wujudkan nilai-nilai kurban ke dalam pelaksanaan tugas kita sebagai seorang anggota Polri seperti yang ada di dalam catur prasetya, dan tribrata Polri," katanya. 

Daging kurban itu rencananya akan disebar  di 20 titik, diantaranya di Masjid Al Musyata-Ongkoliong, Masjid Ishak Al-Hijra kompleks IAIN, TPA Baiturahman Batumerah Atas, Masjid Sin Alaudin Kebun Cengkeh, Masjid Ta'lim Al-Falaq kampus Unpatti, dan Masjid As-Syukur Aster Hative Kecil.

Kemudian juga diberikan di Masjid Nurul Hidaya Kampung Oiho, Masjid Ta'lim Ar-Rahman Talaga Pange dan masjid Nurul Iklas Galunggung, Kapahaha, Masjid Baiturahman Perumnas Waiheru, Masjid Al-Hamid Waiheru Dalam, Masjid Al-Muttadin, Batumerah puncak, Masjid Muhajiri Tihu, Masjid Mardhotillah, Masjid Djabal Isar Airsalobar, serta Masjid jabal Rahmah Gunung Malintang.

Baca juga: Polda Sumut sembelih 236 sapi, 106 kambing kurban
Baca juga: Pedalaman Kampung Toire-Waropen Papua mendapat bantuan hewan kurban

 

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019