Tim putri Filipina juara Asia Rugby Sevens Trophy 2019

Tim putri Filipina juara Asia Rugby Sevens Trophy 2019

Timnas rugbi putri Indonesia melakukan pemanasan sebelum bertanding melawan Filipina dalam babak playoff tiga besar Asia Rugby Sevens Trophy 2019 di Lapangan Rugbi, Kompleks Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (11/8/2019). (Asep Firmansyah)

Jakarta (ANTARA) - Tim putri Filipina keluar sebagai juara dalam kejuaraan Asia Rugby Sevens Trophy 2019 yang digelar di Lapangan Rugbi Kompleks Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Filipina memantapkan diri bertengger di posisi pertama setelah menang dalam pertandingan terakhir babak playoff tiga besar melawan Indonesia dengan skor 26-7.

Atas kemenangan ini Filipina meraih enam poin dari dua kemenangan atas India dan Indonesia. Sementara posisi kedua dihuni India dengan 4 poin yang memperoleh satu kemenangan atas Indonesia.

Dalam babak penentuan tiga besar ini, Indonesia tidak sekalipun memperoleh kemenangan dan berhak menempati posisi ketiga.

Sekretaris Jenderal PB Persatuan Rugby Union Indonesia (PB PRUI) Adityo Doedie Gambiro mengaku puas atas capaian yang ditorehkan anak-anak asuhnya.

Tim Indonesia yang sebelumnya tidak diunggulkan ternyata mampu berbicara banyak dan memperbaiki peringkat dari Asian Rugby Sevens Trophy 2018.

"Dulu kita diperingkat ke-7 di Singapura. Sekarang ternyata mampu menembus tiga besar. Ini adalah sebuah pecapaian bagi kami," ujar Adityo, Minggu.

Menurut dia, capaian yang diperoleh Indonesia melebihi target awal yang hanya bisa tembus lima besar. Namun semangat pantang menyerah, membuktikan permainan rugbi Indonesia telah masuk perhitungan di Asia.

"Ini menjadi bekal buat kami untuk persiapan jelang SEA Games nanti. Sebenarnya kita ga memasang target, yang penting mereka memiliki pengalaman bertanding dengan lawan kuat," kata dia.

Sementara di tim rugbi putra, Malaysia keluar sebagai juara setelah dalam partai puncak mengalahkan Singapura dengan skor 17-14. Di posisi ketiga dihuni Thailand yang mengalahkan Mongolia 24-14.

Timnas rugbi putra Indonesia hanya menempati posisi keenam setelah dalam babak penentuan peringkat 5-6, kalah atas India dengan skor 24-14.

Baca juga: Timnas Rugbi putri benamkan Bangladesh 41-0

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar