counter

Liga Belanda

AZ Alkmaar lanjutkan start positif, menang di kandang RKC Waalwijk

AZ Alkmaar lanjutkan start positif, menang di kandang RKC Waalwijk

Penyerang sayap AZ Alkmaar Oussama Idrissi (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang RKC Waalwijk dalam laga lanjutan Liga Belanda di Stadion Mandemakers, Waalwijk, Belanda, Minggu (11/8/2019). ANTARA/twitter.com/@AZAlkmaar/aa.

Jakarta (ANTARA) - AZ Alkmaar melanjutkan start positif mereka untuk Liga Belanda musim 2019/20 dengan memetik kemenangan 2-0 di kandang RKC Waalwijk dalam laga pekan kedua di Stadion Mandemakers, Waalwijk, Belanda, Minggu.

Kemenangan itu diraih AZ berkat dwigol Oussama Idrissi dan keunggulan itu mudah dipertahankan lantaran tuan rumah harus menyelesaikan laga dengan 10 pemain sejak menit ke-53, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Tiga poin tambahan mengantarkan AZ kembali ke puncak klasemen sementara dengan koleksi enam poin dan selisih enam gol tanpa balas, sedangkan RKC yang masih nirpoin berada di urutan ke-17.

Baca juga: Ringkasan pekan pembuka, tiga besar Belanda cuma main imbang

Tuan rumah sempat berusaha mengancam lebih dulu selepas sepak mula namun tembakan jarak jauh Jurien Gaari masih melambung di atas mistar gawang, sebaliknya peluang pertama AZ lewat Idrissi masih bisa dihalau barisan pertahanan RKC.

RKC kembali memperoleh peluang pada menit ke-21 lewat Darren Maatsen yang berdiri cukup dekat ke gawang, namun sepakannya masih mengarah tepat ke pelukan kiper Marco Bizot.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-35 saat Idrissi berhasil menyelesaikan umpan kiriman Myron Boadu untuk menjebol gawang RKC. Hal itu disusul cedera yang diderita kiper tuan rumah Etienne Vaessen dan ditarik keluar digantikan oleh Kees Heemskerk pada menit ke-42.

Baru masuk lapangan, Heemskerk segera dipaksa melakukan pekerjaan berat dengan menggagalkan tembakan Thomas Ouwejan di muka gawang pada pengujung waktu normal babak pertama.

Sayangnya, Heemskerk tak bisa berbuat apa-apa ketika ia berhadapan dengan Idrissi yang kembali menerima umpan kiriman Boadu dan tenang melepaskan tembakan keras yang bersarang ke langit-langit gawang pada menit ketiga masa injury time babak pertama.

Delapan menit memasuki babak kedua, tugas RKC untuk mengejar ketertinggalan kian berat lantaran Gaari dijatuhi kartu merah langsung akibat pelanggaran kerasnya terhadap Owen Wijndal.

Dalam keadaan timpang jumlah pemain, RKC cukup beruntung bisa menahan gawang mereka tak kebobolan lagi dari sedikitnya lima peluang yang diperoleh AZ hingga laga usai.

Pun demikian, RKC harus rela menutup laga dengan tangan hampa sementara AZ pulang mengantongi tiga poin penuh.

Baca juga: Ajax gasak Emmen 5-0

Susunan pemain:

RKC Waalwijk (4-3-3): Etienne Vaessen (Kees Heemskerk); Jurien Gaari, Melle Meulensteen, Hannes Delcroix, Paul Quastern; Daan Rienstra, Stijns Spierings, Anas Tahiri (Said Bakari); Darren Maatsen, Mario Bilate, Sylla Sow
Pelatih: Fred Grim

AZ Alkmaar (4-3-3): Marco Bizot; Jonas Svensson, Ron Vlaar, Stijn Wuytens, Owen Wijndal; Fredrik Midstjo, Teun Koopmeiners, Thomas Ouwejan; Calvin Stengs, Myron Boadu, Oussama Idrissi
Pelatih Arne Slot

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Aa Gym imbau jaga keberkahan Ramadhan dari soal politik

Komentar