Seratusan peserta meriahkan Karnaval Nusantara di Timika

Seratusan peserta meriahkan Karnaval Nusantara di Timika

Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang melepas peserta kegiatan Karnaval Berwawasan Nusantara Kabupaten Mimika dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Timika, Senin (12/8/2019). (ANTARA /Evarianus Supar)

karnaval ini sebagai wujud kecintaan dan kebanggaan kepada budaya nusantara,
Timika (ANTARA) - Di bawah guyuran hujan cukup lebat, sebanyak 102 peserta dari berbagai sekolah mulai dari TK hingga SLTA, organisasi masyarakat dan paguyuban ikut memeriahkan kegiatan Karnaval Berwawasan Nusantara dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Timika, Papua, Senin.

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang bertempat di halaman Gedung Eme Neme Yauware Timika.

Yohanis Bassang mengatakan antusiasme warga Kota Timika sangat besar untuk mengikuti kegiatan karnaval berwawasan nusantara tersebut.

Tidak hanya sekolah-sekolah, sejumlah organisasi masyarakat dan kelompok paguyuban suku-suku nusantara juga ikut mengambil bagian memeriahkan HUT Kemerdekaan RI dengan menampilkan atraksi tarian adat dan busana adat dari berbagai daerah.

"Masyarakat Mimika sangat antusias mengikuti kegiatan karnaval ini sebagai wujud kecintaan dan kebanggaan kita kepada budaya nusantara, meskipun adat dan kebudayaan kita berbeda-beda, tapi kita semua tetap satu dalam bingkai NKRI," katanya.

Selain itu, yang Juga ikut memeriahkan kegiatan karnaval berwawasan nusantara di Kabupaten Mimika yaitu Sekolah Asrama Taruna Papua milik Lembaga Pengembangan Masyarakat Amumgme dan Kamoro/LPMAK yang dikelola Yayasan Pendidikan Lokon.
 
Kegiatan Karnaval Berwawasan Nusantara Kabupaten Mimika dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI dimeriahkan dengan atraksi marching band Sekolah Asrama Taruna Papua. (ANTARA /Evarianus Supar)


Para siswa Sekolah Asrama Taruna Papua yang seluruhnya merupakan anak-anak asli Papua dari Suku Amungme dan Kamoro menampilkan atraksi olah gerak dan marching band di depan panggung kehormatan yang ditempati Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang, Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto dan sejumlah pejabat Pemkab Mimika.

Peserta dari sekolah-sekolah tingkat TK hingga SD menempuh rute yang cukup singkat yaitu mulai dari Gedung Eme Neme Yauware, kemudian melintasi Jalan Belibis, Jalan Yos Sudarso, Jalan Serui Mekar dan Jalan Budi Utomo lalu kembali ke Gedung Eme Neme Yauware.

Sementara peserta dari sekolah tingkat SLTP, SMA hingga komunitas ormas dan paguyuban melintasi rute yang lebih jauh yaitu mulai dari Gedung Eme Neme Yauware, kemudian melintasi Jalan Belibis, Jalan Yos Sudarso, Jalan Hasanuddin, Jalan Budi Utomo dan kembali ke Gedung Eme Neme Yauware.

Selain karnaval berwawasan nusantara, kegiatan lain yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Mimika yaitu bakti sosial pembersihan lokasi Pasar Sentral, lomba gerak jalan, lomba lari 10 kilometer, lomba kendaraan hias, nikah massal dan berbagai kegiatan lainnya.


 
Baca juga: Saat pembukaan PON 2020, Menpora harapkan tarian seka ditampilkan
Baca juga: Tarian "Isosolo" dari Papua pukau penonton Pesta Kesenian Bali

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar