AS akan dukung Inggris pascaBrexit dengan kesepakatan perdagangan

AS akan dukung Inggris pascaBrexit dengan kesepakatan perdagangan

Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton berjalan untuk memberikan wawancara kepada Fox News di luar Gedung Putih di Washington, AS 31 Juli 2019. REUTERS/Leah Millis

London (ANTARA) - Presiden AS Donald Trump ingin melihat keluarnya Inggris yang sukses dari Uni Eropa bahwa Washington akan mendukung dengan perjanjian perdagangan bebas AS-Inggris, penasihat keamanan nasional John Bolton menekankan kepada para pejabat Inggris pada Senin.

Ketika Inggris bersiap-siap meninggalkan Uni Eropa pada 31 Oktober, pergeseran geopolitik terbesarnya sejak Perang Dunia Kedua, banyak diplomat berharap London menjadi semakin bergantung pada Amerika Serikat.

Bolton, di London selama dua hari perundingan dengan para pejabat Inggris, sedang mencari hubungan AS-Inggris yang lebih baik dengan Perdana Menteri Boris Johnson setelah kadang-kadang hubungan yang tegang antara Trump dan pendahulu Johnson, Theresa May.

Pesan utama yang dibuat Bolton adalah bahwa Amerika Serikat akan membantu melindungi Inggris keluar dari Uni Eropa dengan perjanjian perdagangan bebas yang sedang dinegosiasikan oleh Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan rekannya dari Inggris, Liz Truss.

Seorang pejabat senior pemerintah Trump, menggambarkan pesan Bolton kepada para pejabat Inggris, mengatakan Trump "ingin melihat keberhasilan Inggris keluar dari Uni Eropa" dan bahwa kesepakatan perdagangan akan membantu Inggris.

Baca juga: PM Inggris kemukakan posisinya di brexit pada PM Macron
Baca juga: Menlu Irlandia: PM Johnson "sangat tak membantu" dalam Brexit

Baca juga: Inggris cari peluang dagang di Asia Tenggara pasca-Brexit

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jepang dan Inggris teken kesepakatan perdagangan bebas pasca-Brexit

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar