Jakarta (ANTARA) - Penyanyi rap, produser dan penulis lagu Missy Elliott akan menerima Michael Jackson Video Vanguard Award dalam ajang MTV VMA 2019 pada 26 Agustus. Ia akan tampil langsung di acara penghargaan itu, untuk pertama kalinya dalam 16 tahun.

"Dampak Missy pada lanskap musik tidak terhapuskan," kata Bruce Gillmer dari pihak MTV.

"Visi kreatifnya di bidang produksi, kinerja, dan penulisan lagu tak tertandingi," katanya seperti dilansir Variety Senin (12/8).

Baca juga: Taylor Swift terima penghargaan Teen Choice Awards 2019

Elliott, pemenang Grammy Award lima kali dan artis hip-hop wanita pertama yang masuk Songwriters Hall of Fame, telah menjual lebih dari 30 juta rekaman di seluruh dunia, berkat lagu-lagu seperti "Work It," "Get Ur Freak On" dan "WTF (Where They From)".

Dia adalah satu-satunya rapper wanita yang memiliki enam album studio bersertifikat platinum.

Sebelumnya, Michael Jackson Video Vanguard Award diberikan kepada Jennifer Lopez. Pink, Rihanna dan Kanye West juga menerima penghargaan tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Terlepas dari laporan baru-baru ini bahwa MTV sedang mempertimbangkan untuk mengubah nama penghargaan "Michael Jackson" itu setelah film dokumenter "Leaving Neverland", namun secara teknis nama tersebut belum dihapus.

Baca juga: Michael Jackson akan dihapus dari daftar penerima MTV Award

"Leaving Neverland" yang disutradarai Dan Reed pertama kali diputar di Sundance Film Festival pada Januari sebelum ditayangkan ke audiens yang lebih luas di HBO pada Maret.

Film itu menceritakan kisah Wade Robson dan James Safechuck, yang masing-masing menuduh bahwa Jackson melecehkan mereka secara seksual ketika mereka anak-anak.

Film dokumenter berdurasi empat jam, yang oleh kritikus Variety, Owen Gleiberman disebut sebagai "sangat kuat dan meyakinkan" menghidupkan kembali kritik terhadap mendiang King of Pop Michael Jackson, yang telah lama dituduh melakukan pelecehan seksual dan pelanggaran.

Meskipun penghargaan tersebut secara teknis masih bernama Michael Jackson Video Vanguard Award, MTV menyebutnya sebagai Video Vanguard Award dalam teaser video untuk VMA.

VMA akan ditayangkan di MTV pada pukul 8 malam, 26 Agustus dan akan dipandu oleh komedian, aktor dan penulis Sebastian Maniscalco, langsung dari Prudential Center di Newark, New Jersey.

Baca juga: Taylor Swift dan Ariana Grande dominasi VMA, penggemar K-pop kecewa

Baca juga: Berakting dengan aktor Malaysia, Mike Lucock hati-hati pilih kata

Penerjemah: Heppy Ratna Sari
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019