Bangka Tengah (ANTARA) - Puluhan personel Korem 045 Garuda Jaya bersama Polsek Namang Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil memadamkan kebakaran hutan seluas satu hektare di Desa Tanah Merah, Selasa siang.

"Kita bersama kepolisian dalam kurun waktu dua jam berhasil memadamkan api di Desa Tanah Merah, Bangka Tengah," kata Dankima Korem 045 Garuda Jaya, Kapten Inf Alex di Desa Tanah Merah, Selasa.

Ia mengatakan dalam mengatasi kebakaran semak belukar kurang lebih sekitar satu hektare, Korem 045 dan Polsek Namang mengerahkan puluhan personil dan ditambah satu unit mobil pemadam kebakaran, sehingga dalam kurun waktu dua jam api berhasil dipadamkan.

"Syukur api bisa cepat diatasi dan musibah ini tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian material," ujarnya.

Menurut dia, penyebab kebakaran hutan semak belukar ini kemungkinan karena dari puntung rokok pengguna jalan, karena lokasi kebakaran ini berada di pinggir Jalan Raya Desa Tanah Merah.

"Syukurlah berkat sinergi antara TNI dengan Polri ini api dengan cepat diatasi, jika tidak kemukinan kebakaran akan meluas karena api dengan mudah menyebar dan membakar semak belukar yang sudah mengering selama musim kemarau ini," katanya.

Ia mengimbau warga setiap kegiatan di desa untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar dan tidak membuang puntung rokok sembarangan di semak belukar pinggir jalan.

"Kita sudah sering mengimbau warga untuk lebih tidak membakar lahan dan membuang putung rokok sembarangan dan ini sebagai mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan selama musim kemarau," katanya.

Baca juga: Manggala agni Palangka Raya akui puting beliung saat padamkan kahutla
Baca juga: 200-an prajurit TNI ikut berjibaku padamkan karhutla di Pelalawan
Baca juga: Satgas Gabungan berjibaku padamkan kebakaran hutan-lahan di Riau dan Sumut

Pewarta: Aprionis
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019