counter

PLN siapkan 2 MW untuk pasok listrik ke Vanimo, PNG

PLN siapkan 2 MW untuk pasok listrik ke Vanimo, PNG

Petugas PT PLN (Persero) Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur sedang mengerjakan jaringan listrik desa di Pulau Flores. ANTARA/HO-PT PLN Wilayah NTT/aa.

Jayapura (ANTARA) - PLN saat ini menyiapkan 2 MW untuk memasok listrik ke Vanimo, Papua Nugini (PNG) guna memenuhi kebutuhan listrik di sana.

“Kami sudah siap untuk memasok listrik ke Vanimo, PNG sebanyak 2 MW,” kata GM PLN Wilayah Papua dan Papua Barat Ari Dartomo kepada Antara di Jayapura, Selasa.

Dikatakan, pada prinsipnya PLN sudah siap memasok listrik yang akan dilakukan melalui PLTU Holtekam. Walaupun sudah siap namun hingga kini belum terealisasi karena masih menunggu dari PNG.

Baca juga: PLN Biak siapkan listrik 30 MW untuk PON Papua

Dari informasi yang diterima PNG Power Limited masih menunggu persetujuan dari parlemen, kata Ari seraya menambahkan, akibat belum adanya titik terang dari PNG maka pihaknya juga menunda penandatanganan dengan lainnya. “Mudah-mudahan PLN segera dapat memasok listrik ke PNG terutama ke Provinsi Sandaun yang berbatasan langsung dengan Jayapura,” harap Dartomo.

Sementara itu Konsul RI di Vanimo Abraham Lebelauw secara terpisah mengakuibelum dapat direalisasikannya pasokan listrik ke Vanimo itu karena masih menunggu dari PNG.

“Hingga saat ini belum ada jawaban padahal rancangan perjanjian dari kita (PLN/RI) sudah berada di tangan pemerintah PNG,” kata Abraham Lebelauw.

Baca juga: PLN relokasi pembangkit untuk listrik desa di pedalaman Mimika

PLTU Holtekam yang akan melayani listrik ke Vanimo, PNG, dibangun sejak 2009 di atas areal sekitar 25 hektar itu memiliki kapasitas 2x12 MW (gross) dan 2x10 MW (net) dengan menggunakan bahan bakar batubara.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kendaraan listrik akan ramaikan ibu kota baru

Komentar