PTPN IV dorong siswa Program SMN lebih mengenal budaya tradisi

PTPN IV dorong siswa Program SMN lebih mengenal budaya tradisi

Konsultan Pendidikan PTPN IV DR Mutsyuhito Solin mengajak siswa peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) mengenal lebih dalam tentang budaya tradisi. (Antara Sumut/Irsan)

Medan (ANTARA) - PTPN IV mendorong siswa peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Sumatera Utara lebih mengenal budaya tradisi yang ada di daerahnya masing-masing yang dinilai memiliki nilai-nilai kearifan lokal.

Konsultan Pendidikan PTPN IV DR Mutsyuhito Solin di Medan, Selasa, mengatakan, di Sumatera Utara yang terdiri dari 33 kabupaten dan kota memiliki banyak etnis seperti Melayu, Mandailing, Simalungun, Batak, Karo, Angkola, Nias, dan Pakpak.

Masing-masing etnis memiliki adat istiadat dan tradisi budaya tersendiri mulai dari tarian, makanan, pakaian adat, bahasa, hingga tata cara kehidupan sehari-hari.

Keragaman budaya tersebut dinilai sangat mendukung dalam pasar pariwisata Sumatera Utara dimata dunia, selain memang potensi alamnya yang sangat potensial seperti misalnya Danau Toba dan lainnya.

Walaupun begitu banyak etnis budaya di Sumatera Utara, lanjut dia, kondisi tersebut tidak membuat perbedaan yang dapat memicu perpecahan, bahkan berbagai perbedaan tersebut menjadi pemersatu.

"Perbedaan tersebut tidak menjadi pemecah, justru itu menjadi harmoni bagi kehidupan bermasyarakat di Sumatera Utara. Karena setiap etnis dapat berbaur satu sama lain dengan memupuk kebersamaan yang baik," katanya.

Mengingat berbagai potensi yang ada di Sumatera Utara tersebut, ia mengingatkan para siswa peserta SMN untuk dapat lebih mengenal berbagai budaya tradisi tersebut, karena juga dapat dijadikan sebagai penyaring dari dampak pengaruh negatif budaya asing.

"Budaya tradisi kita memiliki banyak nilai-nilai luhur yang memiliki kearifan lokal tersendiri. Berbagai budaya tradisi tersebut harus dapat kita pertahankan agar tidak hilang ditelan zaman," katanya.

Baca juga: PT SI Dekatkan Pelajar SMN dengan Dunia Kerja

Baca juga: Para siswa Sumut bangga terpilih jadi peserta SMN

Pewarta: Juraidi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Siswa SMN Sultra sekolah di SD Muhamadiyah Gantong

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar