counter

Warga dua desa di Yunani dievakuasi akibat kebakaran hutan

Warga dua desa di Yunani dievakuasi akibat kebakaran hutan

Petugas mencoba memadamkan api saat kebakaran melanda hutan dekat pemukiman Gavalas, Evia, Yunani, Sabtu (6/7/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Giorgos Moutafis/foc.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Yunani bersiap mengevakuasi warga di dua desa Pulau Evia guna mengantisipasi dampak kebakaran hutan yang dipicu oleh angin kencang, kata pemadam kebakaran setempat, Selasa.

Menurut keterangan petugas, kebakaran hutan melanda empat wilayah di Yunani dan pemadam kebakaran telah menanggulangi 182 kobaran api dalam tiga hari terakhir.

Api yang melanda di Pulau Evia tidak hanya berdampak pada wilayah setempat, tetapi menyebabkan asap tebal menyelimuti ibu kota negara di Athena yang berada 110 kilometer atau 70 mil dari pulau kedua terbesar Yunani itu.

Baca juga: 25 orang belum ditemukan setelah kebakaran hutan di Yunani

Setidaknya, lebih dari 120 petugas pemadam kebakaran, helikopter, dan armada terkait dikerahkan untuk memadamkan api di Pulau Evia.

Sejauh ini, pemerintah belum menerima laporan ada korban jiwa, dan selama insiden berlangsung, petugas telah mengevakuasi biara di pulau itu. Menurut petugas, intensitas angin akan turun pada petang hari.

Baca juga: Tidak ada warga Indonesia korban kebakaran hebat Yunani

Kebakaran hutan kerap terjadi sepanjang musim panas berlangsung di Yunani. Pemerintah telah mengingatkan warga untuk mewaspadai risiko kebakaran selama musim panas pada pekan ini.

Pada 2018, kebakaran hutan menewaskan 100 orang di kota pesisir, Mati yang berlokasi dekat Athena. Sementara itu pada 2007, 65 jiwa tewas akibat kobaran api yang turut membakar hutan, lahan pertanian, serta mengancam beberapa situs arkeologi.

Baca juga: Kebakaran hutan landa Pulau Kythera, Yunani, warga diungsikan

Sumber: Reuters

Penerjemah: Genta Tenri Mawangi
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kabut asap, Warga Bagendung Cilegon dievakuasi

Komentar