Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Imam Sudjarwo menyatakan resmi memanggil 36 atlet putra dan putri bola voli untuk mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas) menghadapi ajang pesta olahraga Asia Tenggara, SEA Games 2019.

36 atlet itu terdiri atas 18 atlet bola voli putra dan 18 atlet bola voli putri yang  untuk mengikuti pelatnas berlangsung di Padepokan Bola Voli, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Dengan diresmikan ini tentu mereka sudah siap dari segi fisik maupun mental untuk menghadapi ajang SEA Games 2019 di Manila, Filipina," kata Imam Sudjarwo di sela peresmian pelatnas timnas bola voli indoor dan pelepasan Timnas Putri ke Korea Selatan, Selasa.

Imam menargetkan medali emas untuk timnas bola voli pantai baik putra maupun putri. Sedangkan untuk bola voli indoor putra menargetkan medali emas sedangkan bola voli putri, medali perak pada SEA Games 2019 yang berlangsung pada 30 November hingga 11 Desember mendatang.

"Kalau bola voli putri semoga bisa melampaui medali emas, ini yang kita harapkan. Namun target kita perak, karena SEA Games dua tahun lalu juga meraih medali perak. Sehingga kita tingkatkan prestasi kita pada ajang mendatang," kata Imam.

Dalam kesempatan itu juga, Imam menyampaikan pencapaian terbaik tim bola voli pantai putra meraih medali emas dan bola voli pantai putri meraih medali perak pada ajang turnamen Asia Pasific Championship (APC) Beach Volley 2019 yang berlangsung di Taipei, pada Minggu (11/8/2019) kemarin.

"Ini luar biasa, di tingkat Asia Pasifik memperoleh medali emas dan perak. Dan Insyaallah pada SEA Games akan datang dua medali itu akan kita raih," katanya.

Sementara, Imam mengumumkan pada Kamis (15/8/2019), tim bola voli putri akan melakukan uji coba di Korea Selatan pada turnamen bola voli tingkat se-Asia. Dan pada bulan September, tim bola voli putra akan melakukan uji coba di Iran.

"Jadi mudah-mudahan dengan kesiapan yang matang ini, dengan pelatih yang dipersiapkan pelatih bola voli putra dari Cina mudah-mudahan target kita akan tercapai pada SEA Games mendatang," ujar Perwira Tinggi Polri berbintang tiga itu.

Ketika ditanya tentang serangkaian uji coba bagi tim bola voli putra dan putri di Iran dan Korea Selatan, Imam menyatakan cukup namun, tim bola voli putri akan mengikuti uji coba tambahan yang diikuti oleh empat negara yakni Thailand, Filipina, Vitenam dan Indonesia yang berlansung pada Oktober di Thailand.

Dia juga meminta kepada para pemain untuk bersemangat meraih kemenangan di ajang SEA Games tersebut sehingga bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia.

Atlet Pelatnas Bola Voli Putra:

1. Muhammad Malizi
2. Dio Zulkifri
3. Okky Damar Saputra
4. Delly Dwi Putra
5. Dimas Saputra
6. Sigit Ardian
7. Doni Haryono
8. Bastian Tamtomo
9. Rivan Nurmulki
10. Rendy Febriant
11. Nizar Zulfikar
12. Yuda Mardiansyah
13. Hernanda Zufli
14. Agil Angga
15. Hadi Suharto
16. Fahreza Rakha
17. Alfin Daniel Pratama
18. I Putu Randu Wahyu

Pelatih: Li Qiujiang
Asisten Pelatih: Joni Sugiyatno
Asisten Pelatih: Pascal Wilmar
Pelatih Fisik: Dicky Gunawan
Terapis: Joen Parningotan Purba

Atlet Pelatnas Bola Voli Putri:

1. Arsela Nuari Purnama
2. Dita Azizah
3. Amalia Fajrina
4. Wilda Siti Nurfadillah
5. Tri Retno Mutiara
6. Agustin Wulandhari
7. Putri Andya Agustina
8. Ratri Wulandari
9. Tisya Amallya Putri
10. Wintang Dyah Kumala Sakti
11. Shella Beradetha Onnan
12. Novia Indriyanti
13. Yuliss Indahyani
14. Megawati Hangestri Pertiwi
15. Khalisa Azilia Rahma
16. Hany Budiarty
17. Eris Septia Wulandari
18. Aprilia Manganang

Pelatih: Oktavian
Asisten Pelatih: Walfridus Wahyu
Asisten Pelatih: Niko Dwi Purwanto
Pelatih Fisik: Mokhamad Syaiful Sidik
Terapis: Atnika Agustina

Baca juga: Semangat Jawa Barat juara, tim putra amankan gelar Pra PON 2020

Baca juga: Tim putri DKI Jakarta optimistis raih emas di PON 2020

Pewarta: Mochammad Risyal Hidayat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019