Selain itu, kemudahan tersebut merupakan komitmen kami dalam mendukung konsep 'Cetar' yang didengungkan oleh Gubernur Jawa Timur
Surabaya (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) mendukung program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah dengan menggenjot Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang kini masih mencapai Rp92 miliar, dari target total penyaluran KPR sebesar Rp1,73 triliun.

Direktur Keuangan Bank Jatim, Ferdian Timur Satyagraha di Surabaya, Selasa mengatakan, penggenjotan KPR dilakukan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) bersama Perum Jamkrindo dan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) serta Realestat Indonesia (REI) tentang Sinergi Bisnis dalam program untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Dengan adanya MoU ini nantinya akan dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama, dan diharapkan mampu menggenjot KPR Bank Jatim yang sampai dengan Juli 2019 Penyaluran KPR FLPP Sejahtera FLPP sebesar Rp92 miliar, sedangkan penyaluran KPR keseluruhan bankjatim sebesar Rp1,73 triliun," katanya.

Ia mengatakan, kebutuhan rumah merupakan hak setiap warga, dan Bank Jatim sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) wajib memberikan kemudahan khususnya bagi MBR di Jawa Timur dalam kepemilikan rumah.

"Selain itu, kemudahan tersebut merupakan komitmen kami mendukung konsep 'Cetar' yang didengungkan oleh Gubernur Jawa Timur," tuturnya.

Ia mengatakan, kebutuhan rumah merupakan hak setiap warga, dan Bank Jatim sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) wajib memberikan kemudahan khususnya bagi MBR di Jawa Timur dalam kepemilikan rumah.

"Selain itu, kemudahan tersebut merupakan komitmen kami dalam mendukung konsep 'Cetar' yang didengungkan oleh Gubernur Jawa Timur," kata Ferdian, kepada wartawan.

Sebelumnya pada 2018, Bank Jatim ditunjuk sebagai pilot project peningkatan kapasitas penyaluran KPR bersubsidi tahun 2018 oleh Kementerian PUPR.

"Hal ini menjadi motivasi bagi kami dalam menyukseskan program sejuta rumah yang digagas oleh pemerintah," katanya.

Sebab, kata dia, potensi KPR di Jawa Timur masih sangat bagus, dan akan terus mengejar target penyaluran KPR FLPP Sejahtera yang menjadi salah satu penunjang Program Sejuta Rumah yang telah dicanangkan pemerintah.

Baca juga: Perbankan optimistis pangsa pasar KPR terus meningkat

Baca juga: SMF akan implementasikan KPR berbasis komunitas

 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019