counter

Tokyo keluarkan imbauan perjalanan bagi warganya di Korsel

Tokyo keluarkan imbauan perjalanan bagi warganya di Korsel

Dokumen foto sejumlah perempuan Korea Selatan yang pernah dijerumuskan menjadi jugun ianfu tentara Jepang dalam Perang Asia Pasifik 1942-1945. (Yonhap)

Tokyo (ANTARA) - Imbauan perjalanan dikeluarkan Tokyo bagi warga negara Jepang yang mengunjungi Korea Selatan, menjelang peringatan krusial pekan ini, dengan meminta mereka agar memperhatikan keselamatan saat hubungan antara kedua negara bertetangga itu memburuk akibat isu bersejarah dan perdagangan.

Korea Selatan memperingati para gadis dan perempuan yang dipaksa bekerja di rumah bordil pada 14 Agustus dan menandai 15 Agustus sebagai hari pembebasan nasional dari pemerintahan Jepang, yang berlangsung sejak 1910 hingga 1945.

Baca juga: Pertimbangkan maaf "Jugun Ianfu", Korsel tegur Jepang

Baca juga: Kisah Mantan "Jugun Ianfu" Dipamerkan Lewat Potret


Kementerian Luar Negeri Jepang mengimbau warga Jepang di Korea Selatan dan para pelancong agar berhati-hati dan menghindari sejumlah area yang akan dijadikan sebagai titik aksi protes terkait Jepang pada Rabu dan Kamis.

Kementerian mengeluarkan imbauan perjalanan serupa awal Agustus ini menjelang aksi protes yang diperkirakan digelar di dekat kedutaan besar atau konsulat Jepang di Korea Selatan.

Baca juga: Presiden Korsel janji ambil tindakan atas pembatasan ekspor Jepang

Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Yogyakarta, siapkan Atlet panjat tebing menuju Olimpiade Tokyo 2020

Komentar